St Jakob Park, Sisi Lain Basel

Foto-Foto: Elba Damhuri

”Jangan lupa kunjungi Sungai Rhein jika Anda lama di sini,” kata seorang petugas wisata di kantor turis Basel, Swiss, beberapa waktu lalu.

Basel identik dengan Sungai Rhein yang membelah indah kota bisnis dan wisata di Swiss ini. Rhein bukan satu-satunya bentuk jadi-jadian Basel. Masih ada St Jakob Park.

Penggila bola tentu kenal tempat ini. St Jakob Park adalah stadion Basel United. Markas besar klub merah-biru yang kini sedang naik daun, baik di liga lokal maupun liha Eropa.

Manchester United (MU) terhenti langkahnya di Liga Champions tahun ini setelah gagal melewati Basel. Tapi bukan MU musuh besar Basel. Zurich FC-lah musuh bebuyutan Basel.

Hampir setiap laga kedua tim selalu diakhiri keributan antarsuporter. Yang paling parah terjadi pada 2006 lalu ketika Hooligans Swiss beraksi.

Pada kunjungan kedua kalinya ke Basel, saya baru berkesempatan bermain-main di Stadion St Jakob. Pada kunjungan perdana beberapa tahun sebelumnya, saya lebih sibuk menikmati Sungai Rhein, pusat kota, dan tentu saja makanannya.

St Jakob Park mudah dijangkau dari pusat kota Basel. Secara jarak, stadion ini masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Dari Stasiun Sentral Basel, kita hanya butuh sekali naik trem, sekitar 5-7 menit sampai di stasiun terdekat stadion.

Atau, kalau Anda memilih berjalan kaki, butuh waktu 15-20 menit. Tergantung seberapa santai Anda berjalan.

Semua jenis transportasi melewati stadion ini. Mereka juga punya stasiun kereta sendiri, selain stasiun trem.

St Jakob Park bukan sekadar stadion. Ini perkawinan antara mal, tempat kongkow, dan stadion.

Ada restoran UNO dan Hattrick Sport Bar. Tidak terlalu mahal menu makan di sini. Sekadar minuman ringan anatara 2-3 euro.

Untuk makan siang atau malam berbeda-beda. Tergantung menu yang Anda pilih. Saran saya, jangan makan di sini karena tempat ini lebih pas buat ngopi dan nongkow saja.

Toko-toko olahraga dan pakaian tersedia di stadion ini. Tidak cuma kostum klub-klub yang berlaga di Liga Swiss yang dijual. Banyak juga kaos-kaos dan suvenir dari klub-klub Eropa lainnya, seperti Liga Inggris, Spanyol, maupun Seri A Italia.

Semua produk olahraga di sini dijamin asli. Pelanggaran hak cipta mendapat hukuman berat di Swiss, meski masih ada celah untuk menjual produk-produk tiruan.

Masuk ke dalam stadion, kita disuguhkan pemandangan kursi-kursi yang dipenuhi warna merah dan biru: simbol kejayaan Basel.

Kapasitas kursi St Jakob saat ini 38 ribuan, setelah sampat naik menjadi 42 ribuan pada Piala Eropa 2008 lalu. Stadion ini menjadi salah satu tuan rumah laga, dan menggelar partai semifinal Jerman versus Turki.

Biaya membangun St Jakob sekitar 140 juta euro atau hampir Rp 2 triliun. St Jakob baru ini diresmikan pada 2001, jauh sebelum menjadi tuan rumah Piala Eropa.

Salah satu kenikmatan mengunjungi stadion ini adalah kita bisa melihat suasana pinggiran kota Basel yang sedikit mirip desa.

Tak ada salahnya Anda mendatangi stadion ini jika pas berada di Basel.

2 thoughts on “St Jakob Park, Sisi Lain Basel

  1. maaf saya mau nanya nih… kalo kita mau ke turki ada ya VOA yg utk yg tinggal dibawah 60 hari.. rencananya saya mau kesana selama 45 hari ?
    thks jawabannya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s