Kemewahan dan Petaka Kapal Pesiar Costa Concordia

Pada musim dingin 2008 lalu, seorang rekan Italia, Jamie, mengabarkan kepada saya tentang rencana liburan di kapal pesiar mewah Costa Concordia bersama sang kekasih.

Bagi pecinta jalan, Costa Concordia menjadi salah satu pilihan utama jika ingin mengarungi lautan indah di berbagai belahan dunia.

Jamie melaporkan, sangat tidak rugi menikmati liburan beberapa hari bersama Costa Concordia. Semua keindahan dan kemewahan ditawarkan.

Ada tiga belas (13) bar besar yang lengkap menyediakan beragam minuman. Ada ada lima restoran menyajikan beragam menu makanan dari berbagai pelosok negeri.

Bagi pecinta keindahan alam, kapal pesiar ini memanjakan penumpangnya dengan dek air rendam matahari yang luas. Sambil merendam menikmati birunya Laut Mediterania, kata Jamie, sangat mengesankan. ”Hampir tak mau pulang kami,” katanya.

Yang hobi spa, Costa Concorda menawarkan layanan yang spesial dan ekslusif. Di area Spa Samara, penumpang bisa melepas lelah dan menyegarkan kembali pikiran dan stamina.

Jamie bercerita, kolam renang saja ada empat yang salah satunya beratapkan kaca. Di musim dingin pun, penumpang bisa melihat langit dan matahari.

Pagi dan sore, jogging mengelilingi kapal menjadi pilihan sebagai penumpang, baik tua maupun muda. Beberapa kali putara, terasa tak lelah karena indahnya laut di hadapan kita.

Hampir semua kamar memiliki balkon privat dengan pemandangan laut. Ada juga kamar-kamar yang memang tidak menghadap laut langsung. Dan harganya jauh lebih murah.

Jangan khawatir ketinggalan film Hollywood baru, karena di kapal mewah ini disediakan bisokop besar dengan sound system canggih.

Berapa biaya tur dengan Costa Concordia? Tergantung kemana Anda pergi. Untuk jarak dekat, di kawasan Timur Tengah selama 7 hari, paling murah 1.000 dolar AS belum termasuk makan dan hiburan lainnya.

Untuk masuk ke Eropa dan menikmati laut-laut di benua hijau itu, harganya pun cukup tinggi. Di atas 2.000 dolar AS per orang.

Tapi, semua ini tergantung kapan dan fasilitas apa yang kita inginkan. Karena ada juga yang membayar hingga puluhan ribu dolar AS per orang untuk sekali perjalanan.

***

Sayangnya, akhir pekan di minggu ketiga Januari 2012 ini, kita mendengar kabar karamnya Costa Concorda di Tuscani, Italia.

Sampai saat ini, lima orang meninggal, 40-an luka-luka, dan puluhan lainnya masih hilang. Ada 3.000 orang di kapal itu.

Manajemen kapal menuding kapten kapal misa dibayangkan, di musim dingin, kapal keram di laut dan penumpang sebagian mencoba berenang mencari selamat. Sementara, sekoci penuh.

Ada 100-an lebih Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang semuanya selamat. Ada satu yang luka-luka, tetapi sudah bisa keluar dari rumah sakit.

Kecelakaan ini pun menimbulkan kembali pertanyaan lama: amankah sebetulnya berpesiar dengan kapal mewah sekalipun?

Beberapa pengamat travel dan hobiis kapal pesir mengaku tak khawatir atas musibah ini. Apalagi, kejadian Costa Concorda disebabkan karena human error, bukan kesalahan mesin.

Tingkat keamanan dijaga penuh, meski pada akhirnya akan ada musibah seperti ini.

Bagi rekan seperti Jamie yang hobi berpesiar, kejadian Costa Concorda tidak menyurutkan impiannya untuk terus berpesiar di setiap liburan. ”Tak ada sistem yang sempurna,” kata Jamie yang kini menetap di Roma, Italia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s