7 Tempat Belanja Paling Favorit

Presence Mystery Shopping, perusahaan konsultan berkantor pusat di Paris, Prancis, mengklaim telah menemukan 30 tempat belanja di dunia yang merupakan surga.

Lembaga ini membuat peringkat tempat-tempat belanja yang paling favorit dan top di dunia. Belum lama ini, mereka mempublikasikannya.

”Kami mensurvei kualitas layanan pusat-pusat perbelanjaan di wilayah banyak turis berada,” kata Leslie Kambourian, Manajer Pengembangan Bisnis Presence.

Presence mensurvei 400 outlet dan 30 pusat perbelanjaan. Mereka mewawancarai para turis di tempat-tempat itu.

Kriteria yang dipakai: kebersihan, keramahan, suasana perbelanjaan dan tempat, serta keakraban.

Ada 10 yang terpilih, tapi saya hanya menuliskan tujuh saja. Ketujuh pusat perbelanjaan itu adalah.

1. Orchard Roads, Singapura

Orchard Roads Singapura dinilai sebagai tempat shopping dengan atmosfer yang paling oke karena dua alasan.

Pertama, lebar dan bersihnya trotoar pejalan kaki dan kedua beragamnya toko-toko yang ada di sana.

Ada 22 mal dan enam department stores di sepanjang area ini. Tentu, turis tidak bisa menghabiskan waktu satu hari untuk bisa mengunjungi semua toko dan mal di sini.

Turis Indonesia termasuk banyak yang membanjiri Orchard Road. Mereka datang ke sana karena memang belanja, ada juga yang sekadar jalan-jalan.

Biaya hidup di sini tidak terlalu mahal. Wisata kuliner juga menyediakan beragam makanan, dari yang tradisional sampai modern. Dari makanan Indonesia hingga makanan Prancis.

2. Avenue de la Liberté, Luksemburg

Satu alasan kuat mengapa Avenue de la Liberte dipilih sebagai tempat favorit kedua untuk belanja: Suasana tempat yang sempurna, di mana banyak ruang dan hampir semua tempat tampak menyala yang diatur secara apik.

Tempat belanja ini terletak di pusat kota Luksemburg City, yang ditandai adanya jalan satu arah dari selatan ke barat.

Bangunan tua yang menjadi toko-toko dan kantor menjadikan Avenue de la Liberter menjadi lebih klasik. Jika malam tiba, warna-warni lampu menjadi ciri khas, makin membuat orang betah berdiam diri.

3. PC Hoofstraat, Amsterdam, Belanda

Distrik PC Hoofstraat dianggap sebagai tempat belanja paling ramah dan akrab. Tiap toko memberikan pelayanan yang ramah dan menyambut hangat tamu-tamu yang berjalan atau datang ke toko-toko mereka.

Ada atmosfer yang mengundang para turis untuk berkunjung dan berlama-lama di sana. Barang yang dijual tergolong mahal.

PC Hoofstraat, yang diambil dari nama sejarawan Belanda, Hoof, menjadi tempat berkumpulnya barang-barang dan merek-merek mahal dari seluruh dunia.

Sebetulnya, untuk beberapa barang seperti suvenir, harga terjjual di sini tergolong murah.

Letaknya di jantung kota Amsterdam. Dekat dengan stasiun kereta, menyediakan banyak wisata kuliner dan minum. Banyak kafe dan resto yang menawarkan bermacam makanan dan minuman yang berbeda dari tempat-tempat lain.

4. Bagdat Avenue, Istanbul

Berbeda dengan PC Hoofstraat, Bagdat Avenue jauh lebih murah. Ciri utama tempat ini: wilayah tanaman dan hebat di sisi minuman.

Kopi Turki begitu terkenal di sini. Pemilik warung kopi terkenal di dunia pun harus memadukan unsur kopi lokal agar dipadati pengunjung.

Bagdat Avenue terbentang 14 km dari sisi barat kota Istanbul hingga Laut Marmara yang di kiri kanannya dipenuhi pusat-pusat belanja.

Para turis menjadikan tempat ini sebagai tujuan wajib jika datang ke Turki. Letaknya di wilayah Anatoli, Istanbul.

5. Oscar Freire, Sao Paolo

Brasil terkenal sebagai negeri dengan orang-orang ramah menetap di dalamnya. Tak heran jika pusat belanja di Oscar Freire, Sao Paolo, menjadi pilihan para turis global sebagai salah satu tempat paling top berbelanja.

Tak heran jika Anda masuk ke salah toko mahal, misalnya, satu pelayannya akan menyodorkan Anda segelas kopi atau champagne.

Kuliner menjadi salah satu andalan Oscar Freire. Roti lokal dan sejenisnya banyak diburu para turis.

Produk merek-merek terkenal pun bertebaran di sini, dari pakaian, parfum hingga sepatu.

6. George Street, Sydney

Ingin melihat toko-toko kecil aneh? Ada di sini! T-Shirt dan kaos-kaos di sini bergambar lucu-lucu dan unik.

Terletak di bawah Jembatan Sydney Harbour, banyak butik yang menjual kaos-kaos bergambar hidung, mata, telinga, hingga hewan, termasuk gigi ikan paus. Mereka juga menjual kaos dengan desain kerang dengan ilustrasi unik.

Ada Queen Victoria yang menjadi rumah fesyen merek kelas dunia dan kafe-kafe yang oke. Gedung ini berada di sebelah gedung Kota, yang menjadi ikon penduduk lokal.

7. Mariahilferstrasse, Vienna

Di jalan ini berdiri pusat-pusat perbelanjaan mahal dan sangat mahal. Ada juga yang murah.

Panjang jalan Mariahilfe mencapai 1,8 km. Anda tidak hanya enak berbelanja di sini, tetapi juga bisa menikmati gedung-gedung tua bersejarah.

Ada Museum Quarter yang menjadi pusat seni kontomperer di Austria.

Kuliner juga lumayan lengkap di sini. Keramahan para pegawai toko menjadi sisi lain yang membuat turis betah datang ke sini.

15 thoughts on “7 Tempat Belanja Paling Favorit

    1. Para turis menganggap Orchard Road lengkap, ramah, akrab, dan benar-benar menjaga kebersihan dan kenyamanan. Makanya dia terpilih. Begitu kira-kira hasil survei itu mencatat.
      New York mungkin masuk dalam radar, namun tidak lolos 10 besar karena nilai untuk memenuhi keempat kriteria yang dibentuk perusahaan konsultan itu tidak tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s