Millenium Bridge, Ikon Modern Newcastle

Inilah ikon baru Newcastle. Jembatan yang kedua sisinya bisa dimiringkan seharga 20 juta poundsterling atau sekitar Rp 240 miliar.
Pejalan kaki dan pesepeda menjadi raja di atas jembatan ini. Hewan-hewan pun boleh bermain-main di sini.

Pada jam-jam tertentu, kedua sisi tengah jembatan dimiringkan, diangkat, untuk memberi jalan kapal melintasi Sungai Tyne.

Millenium Bridge---Foto-foto Elba Damhuri

Tak cuma kapal dagang yang melintasi sungai yang membelah Tyne dan Mouth itu. Beberapa di antaranya kapal wisata, restoran kapal, dan kapal feri buat Anda yang hobi menikmati bantaran sungai dengan pemandangan kota tua.

Setiap hari ratusan orang datang ke jembatan yang juga mendapat bantuan dana Nasional Lotere Inggris itu. Menumpang kafal feri sambil duduk ngopi di atasnya begitu terasa nimat dan menyegarkan kepala.

Uniknya, jembatan ini dibangun atas pemilihan seluruh rakyat Newcastle. Pemerintah lokal mengundang sejumlah arsitek untuk mendesain jembatan, dan rakyat yang menentukan pilihan desain mana yang bisa dipakai.

Desain oleh Wilkinson & Eyre Architects dan Gifford & Partners dianggap layak untuk dipilih. Dan jadilah salah satu jembatan termegah di Eropa itu.

Sangat mudah menjangkau Millenium Bridge dari arah mana saja. Tiap beberapa menit ada bis yang membawa kita dari pusat kota Newcastle.

Jalan pun masih layak dilakukan dari pusat kota. Hanya sekitar 20-30 menit.

Tak ada biaya untuk menikmati jembatan ini. Kecuali jika Anda menikmati secangkir kopi di kafe-kafe yang ada di sana.

Tak mahal juga untuk bisa menikmati kopi dan fish and chips. Segelas kopi mulai 2 poundsterling. Fish and chips (pasti halal) mulai 8 poundsterling.

Di sekitar Millenium Bridge, ada museum seni kontemporer Baltic. Setiap hari museum buka dan Anda bisa menikmati karya seni kontemporer.

Bagi mahasiswa, biasanya, usai ujian semester, memilih Millenium Bridge untuk tempat kongkow dan melepas stres.

Bagi penggila suvenir, tersedia toko-toko yang menjual oleh-oleh unik khas Newcastle, terutama prototipe Millenium Bridge ini.

11 thoughts on “Millenium Bridge, Ikon Modern Newcastle

  1. di pekanbaru jg ada tp g bs dimiring2kn kyk gtu ,,
    mlm2 jg byk org2 kongkow dsna tp abiss thu mereka ninggalin smph yg byk ny > 5 kali lipat dr jmlh org yg kongkow dsna ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s