Ke Newcastle, Kunjungi 9 Tempat Indah Ini!

Jika Anda kebetulan datang ke Inggris dan menyempatkan diri singgah di Newcastle, ada sembilan tempat indah yang wajib Anda kunjungi.

Tidak butuh waktu lama untuk bisa mengelilingi semuanya. Cukup tga hari. Berikut ke-9 tempat itu.

(Anda bisa menambahkan atau protes atas pilihan tempat yang saya pilih. Tentu, ini sangat subyektif sekali).

1. Angel of the North

Patung Angel of the North berdiri tegak menyambut kedatangan Anda sesaat sebelum pesawat mendarat di bandara internasional Newcastle.

Sebelum ada Millenium Bridge, patung seberat 200 ton dengan tinggi 20 meter ini merupakan ikon utama kota Newcastle. Segala sesuatu tentang Newcastle, selalu ada gambar patung yang didesain oleh Antony Gormley itu.

Patung ini juga memiliki dua sayap di sisi kiri kanannya dengan rentang 54 meter.

Ada warna kecoklatan yang muncul dari baja penahan pelapukan yang mampu menahan kecepatan angin hingga 200 km per jam. Maklum, utara Inggris, termasuk di Newcastle, terkenal dengan angin kencangnya.

Setiap tahun, lebih dari 150 ribu orang mengunjungi patung ini. Jangan khawatir soal transportasi.

Dari segala penjuru kota Newcastle dan Gateshead tersedia kendaraan umum yang melintasi tempat wisata ini.

Hebatnya, tidak ada biaya untuk bisa menikmati keindahan patung bidadari dari utara ini. Utara merujuk pada Newcastle yang terletak di utara Inggris.

2. Kastil Alnwick

Jika Anda datang ke Newcastle upon Tyne, Inggris, jangan lupa singgah di salah satu kastil terbesar di dataran Kerajaan Inggris. Namanya Kastil Alnwick.

Kastil ini merupakan kastil terbesar kedua yang masih didiami di Inggris setelah Kastil Windsor. Kastil Alnwick menjadi tempat tinggal the Percys, Earls, dan Dukes of Northumberland sejak 1309.

Kemunculan pertama Kastil Alnwick sebetulnya diketahui setelah 1096 ketika Yves de Vescy menjadi Baron of Alnwick dan mendirikan bagian pertama bangunan di kastil tersebut.

Kastil kemudian diperbaiki oleh Lord Percy of Alnwick pertama di awal 1300-an dan bagian-bagian bangunan itu masih terlihat sampai saat ini. Mereka adalah Menara Abbot, the Middleway Gate, dan Menatar Constable.

Hanya butuh satu setengah jam perjalanan dengan bis Arriva dari pusat kota Newcastle menuju Alnwick. Pemandangan pedesaan dan rumah-rumah tua khas Inggris akan Anda temui sepanjang perjalanan ke arah kastil.

Pelajar mendapat diskon saat membeli tiket masuk ke kastil itu, dari yang seharusnya 10 pound menjadi 7 pound atau sekitar Rp 130 ribuan.

Anda akan menemukan bangunan kecil sebesar pos satpam di kantor-kantor berwarna serba merah yang merupakan tempat pembelian tiket tersebut. Para petugas di pos itu akan melayani Anda dengan sangat ramah dan tutur kata yang lembut dan sopan.

3. Millenium Bridge

Inilah ikon baru Newcastle. Jembatan yang kedua sisinya bisa dimiringkan seharga 20 juta poundsterling atau sekitar Rp 240 miliar.

Pejalan kaki dan pesepeda menjadi raja di atas jembatan ini. Hewan-hewan pun boleh bermain-main di sini.

Pada jam-jam tertentu, kedua sisi tengah jembatan dimiringkan, diangkat, untuk memberi jalan kapal melintasi Sungai Tyne.

Tak cuma kapal dagang yang melintasi sungai yang membelah Tyne dan Mouth itu. Beberapa di antaranya kapal wisata, restoran kapal, dan kapal feri buat Anda yang hobi menikmati bantaran sungai dengan pemandangan kota tua.

Setiap hari ratusan orang datang ke jembatan yang juga mendapat bantuan dana Nasional Lotere Inggris itu. Menumpang kafal feri sambil duduk ngopi di atasnya begitu terasa nimat dan menyegarkan kepala.

Uniknya, jembatan ini dibangun atas pemilihan seluruh rakyat Newcastle. Pemerintah lokal mengundang sejumlah arsitek untuk mendesain jembatan, dan rakyat yang menentukan pilihan desain mana yang bisa dipakai.

4. Stadion St James Park

Salah satu daya tarik Newcastle adalah St James Park-nya. Ini merupakan stadion kebanggaan warga Newcastle yang menjadi stadion terbesar keenam di Inggris.

Sepak bola, bagi Geordie — warga asli Newcastle– bukan sekadar permainan merebut bola dan mencetak gol. Sepak bola telah menjadi bagian dari hidup mereka. Tak heran, jika pada setiap ada laga Newcastle di St James Park, maka stadion itu dipastikan penuh.

Ferderasi Sepak Bola Inggris (FA) menyebut stadion markas the Toon Army –julukan pasukan Newcastle– itu tercatat sebagai salah satu stadion dengan tingkat okupansi tertinggi dalam setiap pertandingan Liga Inggris.

Tidak murah sebetulnya membeli tiket di sini. Apalagi jika menyangkut laga kelas wahid alias big match.

Tiket termurah mulai 26 poundsterling, tergantung kategorinya juga. Untuk kategori A, tiket termurah di sini 40 poundsterling. Kategori dibagi berdasarkan posisi kursi, yang semakin memiliki sudut pandang bagus, semakin mahal.

Stadion dengan kapasitas 52 ribu kursi ini menjadi saksi sejarah sepak bola Inggris dan juga perjalanan klub kebangaan Goerdie, Newcastle United. Pada 2006, di sini digelar pertandingan Piala Eropa. Olimpiade 2012 juga akan mengambil tempat di St James Park.

St James Park yang sekarang diubah namanya menjadi Sports Direct Arena mudah dijangkau berbagai alat transportasi. Dia memiliki stasiun kereta bawah tanah atau disebut Metro. Hampir semua jurusan bis melewati rute ini.

5. Tynemouth Longsands

Pantai menjadi barang mahal bagi pecinta liburan di Inggris. Tynemouth Longsands merupakan pantai berbukit dengan pasir kuning dan bebatuan. Di beberapa titik ada bukit pasir.

Di musim panas, pantai akan dipenuhi turis-turis lokal maupun luar Inggris. Berjemur menjadi pilihan untuk menghangatkan tubuh.

Tidak disarankan berjalan kaki dari pusat kota untuk sampai Tynemouth Longsands. Metro, kereta lokal, menjadi pilihan.

Dari stasiun terdekat di Cullercoats Metro, cukup berjalan kaki 10 menit dan sampai di pantai.

Layak untuk surfing dan bermain layangan. Tetapi, bagi pemilik hewan seperti anjing, hanya diizinkan membawa anjingnya hanya pada musim dingin.

6. Kastil dan Biara Tynemouth

Tynemouth yang terleatk di antara SUngai Tyne dan Laut Utara memiliki ciri khusus: memiliki kecenderungan beragama yang kuat.

Tak heran jika di sini tersimpan jejak benteng, kastil, dan biara tempat tinggal ulama Kristen.

Salah satunya Kastil Tynemouth yang dibangun pada abad ke-13 itu. Ini merupakan gereja sekaligus tempat tinggal pendeta.

Gereja dilengkapi dengan mesin senjata zaman dulu yang sampai saat ini sisa-sisa peninggalannya masih ada.

Tepat di sisi kiri kanan kastil ini adalah pantai. Angin kencang selalu menemani kita selama berada di kastil ini.

Debur ombak terdengar begitu jelas. Dan di musim panas, tempat ini menjadi surga bagi turis lokal dan asing.

Menuju ke sini pilihannya jatuh pada Metro, kereta lokal. Dari stasiun terdekat, hanya butuh 10 menit berjalan kaki menuju kastil.

Biaya masuk kastil beragam. Untuk dewasa 4,5 poundsterling, anak-anak 2,7 poundsterling, dan mahasiswa/pelajar/orang tua 4,1 poundsterling.

Bagi kelompok pecinta kekayaan sejarah Inggris, gratis.

7. Pusat Seni Kontemporer Baltic

Letaknya tak jauh dari Millenium Bridge. Baltic merupakan pusat seni koontemporer di Newcastle.

Seniman dan pegiat seni kontemporer berkumpul di sini. Setiap hari selalu ada karya seni yang dipamerkan.

Dari atas gedung Baltic kita bisa melihat Sungai Tyne dan Millenium Bridge. Tentu, sangat indah dengan latar belakang bangunan-bangunan tua. Kontras dengan Millenium Bridge yang mencerminkan modernisasi.

Baltic diklaim sebagai museum seni kontemporer terbesar di dunia. Perlu biaya untuk masuk ke museum ini, mulai 2 poundsterling.

8. Pusat Kota Newcastle

Pusat kota Newcastle setiap hari selalu ramai. Toko-toko dan mal dengan segala aneka produknya menjadi daya tarik kuat.

Taman-taman yang luas dan jalur pedestrian di sepanjang jalan menyusuri pertokoan semakin menyamankan suasana.

Lelah keliling pusat kota, kita bisa duduk-duduk santai di kursi-kursi yang disediakan sambil menonton konser musik para pengamen jalanan yang terlatih.

Ada pengamen yang khusus menyanyikan lagu-lagu the Beatles. Ada juga yang selalu membawakan lagu-lagu Queen. Banyak pengamen yang membawakan lagu-lagu mereka sendiri dan juga penyanyi lain.

Di sini ada Eldon Square, ada banyak toko produk bermerk, ada coklat, hingga toko-toko suvenir dan olahraga.

Bersebelahan dengan ujung pusat kota ada Universitas Newcastle dengan bangunan tuanya. Ada gereja tua dan taman indah yang mengelilinginya.

Tak jauh dari pusat kota, ada pasar tradisional yang begitu modern meski tetap tak diubah baik bangunan maupun toko-tokonya. Namanya Pasar Grainger. Ini termasuk pasar tertua di Newcastle, dan Inggris.

9. China Town

China Town berhadapan dengan Stadion St James Park. Di sinilah surga kuliner gaya China terpusat.

Semua jenis masakan China ada di sini. Tentu, bagi Muslim harus sedikit berhati-hati menikmati makanan di sini.

Asyiknya, di beberapa restoran all you can eat, makanan yang dilarang dikonsumsi Muslim dipisahkan. Ada pemisahan meja.

Hampir semua restoran di sini menuliskan semua menu yang ada. Jika kebetulan makan prasmanan, di setiap tempat makanan ada tertulis jenis makanan secara jelas.

Anda juga bisa bertanya kepada petugas restoran untuk memastikan kehalalan makanan. Maklum, banyak Muslim makan di sini, dan mereka (redtoran) sudah terbiasa dengan itu.

Soal harga, dari yang murah sampai yang mahal tersedia. Ada yang cuma 5 poundsterling sampai ada yang satu menu 20 poundsterling.

Di dekat China Town, ada resto cepat saji milik orang Pakistan, namanya Chcken Cottage. Ini juga menjadi restoran favorit di Newcastle.

11 thoughts on “Ke Newcastle, Kunjungi 9 Tempat Indah Ini!

    1. you have no idea🙂

      meskipun ga segede kota2 lain di inggris, tapi orang2nya ramah, meski kadang ada juga yg racist. di newcastle juga banyak orang indo. aku inget dulu semua orang2 indo yg tinggal di newcastle ngumpul bareng waktu 17 Agustus

  1. Aku udah 1 bln ini tinggal d new castle…ke 9 tempat ini udah saya kunjungi semua..tapi saya blm nemu pasarr tradisional…tau gak?
    Aku tinggal di daerah heaton,,,please infonya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s