St James Park, Bidadari dari Utara Inggris

Salah satu daya tarik Newcastle adalah St James Park-nya. Ini merupakan stadion kebanggaan warga Newcastle yang menjadi stadion terbesar keenam di Inggris.

Sepak bola, bagi Geordie — warga asli Newcastle– bukan sekadar permainan merebut bola dan mencetak gol. Sepak bola telah menjadi bagian dari hidup mereka. Tak heran, jika pada setiap ada laga Newcastle di St James Park, maka stadion itu dipastikan penuh.

Ferderasi Sepak Bola Inggris (FA) menyebut stadion markas the Toon Army –julukan pasukan Newcastle– itu tercatat sebagai salah satu stadion dengan tingkat okupansi tertinggi dalam setiap pertandingan Liga Inggris.


Tidak murah sebetulnya membeli tiket di sini. Apalagi jika menyangkut laga kelas wahid alias big match.

Tiket termurah mulai 26 poundsterling, tergantung kategorinya juga. Untuk kategori A, tiket termurah di sini 40 poundsterling. Kategori dibagi berdasarkan posisi kursi, yang semakin memiliki sudut pandang bagus, semakin mahal.

Stadion dengan kapasitas 52 ribu kursi ini menjadi saksi sejarah sepak bola Inggris dan juga perjalanan klub kebangaan Goerdie, Newcastle United. Pada 2006, di sini digelar pertandingan Piala Eropa. Olimpiade 2012 juga akan mengambil tempat di St James Park.

Seperti stadion-stadion besar lainnya di Inggris, St James Park memiliki fasilitas lengkap dan posisi sangat strategis.

St James Park yang sekarang diubah namanya menjadi Sports Direct Arena mudah dijangkau berbagai alat transportasi. Dia memiliki stasiun kereta bawah tanah atau disebut Metro. Hampir semua jurusan bis melewati rute ini.

Bagi Anda yang kebetulan menetap di pusat kota, cukup jalan kaki untuk sampai ke St James Park. Stadion ini terletak di Terrace Garden yang menjadi jantung pusat kota Newcastle.

St James Park dikelilingi tempat-tempat asyik untuk dikunjungi. Pertama, ada Chinese Town. Kota pecinan ini menjadi salah satu penggerak ekonomi lokal dengan konsep bisnis restoran yang setiap hari selalu dikunjungi banyak orang.

Kedua, ada kereta Central Station yang berarsitektur tua. Dari stasiun kereta ini Anda cukup jalan kaki sekitar 15 menit sampai di stadion. Sedangkan Stasiun Metro (subway) ada di underground stadion St James Park.

Ketiga, pusat kota. Di sini pusat warga kota dan turis berkumpul untuk menikmati sajian-sajian khas Newcastle. Ada makanan, musik, pasar sayur dan buah, hingga taman-taman yang indah dan nyaman.

Keempat, posisi stadion juga dekat dengan kampus Universitas Newcastle upon Tyne, salah satu kampus tertua di Inggris. Para mahasiswa asing biasanya tinggal di apartemen-apartemen di sisi stadion. Dari jendela kamar, mereka masih bisa melihat ujung-ujung stadion St James Park.

Komite stadion menyediakan tur stadion setiap harinya dan saat ada laga. Biaya untuk umum 10 poundsterling (mahasiswa/pelajar/orang tua) dan 13 poundsterling. Kita akan masuk ke ruang ganti pemain, tempat duduk pemain dan pelatih di stadion, hingga tempat jumpa pers.

Usai keliling stadion, kafe Alan Shearer siap menjamu. Ada sajian makanan lokal terutama fish and cheap yang terkenal itu. Ada juga minuman beralkohol (bir-bir) yang cuma ada di Newcastle.

Buat Anda yang tidak terbiasa kedinginan, jangan sekali-kali memilih kursi di ruang terbuka. Newcastle, menurut sebagian orang Asia, tidak pernah summer. Selalu winter, bahkan di musim panas sekalipun.

Toko suvenir Newcastle berdampingan dengan kafe Alan Shearer, sang legenda the Toon Army. Semua jenis suvenir klub dijual di sini. Harganya rata-rata mulai dari 1 poundsterling hingga ratusan poundsterling.

Bagi Anda yang Muslim, jangan khawatir soal makanan. Di Newcastle, banyak tersaji rumah makan halal. Di dekat stadion Newcastle saja ada lebih dari 10 restoran Muslim yang terkenal dan selalu penuh. Yang paling saya suka: Chicken Cottage, ayam panggang khas Pakistan yang digemari warga lokal.

Jadi, jangan ragu ke Newcastle!

6 thoughts on “St James Park, Bidadari dari Utara Inggris

  1. laporan pandangan mata yang bagus, terutam bagi yang belum pernah ke newcastle. Tapi ada yang sedikit menggelitik saya, yaitu judulnya, BIDADARI dari utara Inggris. Bidadari itu kan biasanya di asosiasikan dengan wanita, biasanya wanita cantik, apakah karena newcastle memang cantik ya ?

  2. Dunia olahraga saja mereka dapat jadikan untuk objek wisata, semoga kita dapat melakukannya seperti mereka walau lambat laun namun tetap berusaha,

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s