Biaya Backpackeran ke Manchester

Hadirnya satu penerbangan murah ke Inggris membuka jalan bagi traveler di Indonesia untuk mengunjungi kota-kota di Negeri Ratu Elizabeth itu, terutama London dan kota lainnya.

Manchester, misalnya, menyimpan sejuta pesona bagi siapa saja yang berkunjung ke sana, terutama para penggila bola.

Ada dua stadion klub besar berdiri di kota pelabuhan itu, yakni Old Trafford milik Manchesrter United dan Etihad milik Manchester City.

Saya sudah mengulas kedua stadion itu, namun belum memberikan info biaya yang diperlukan untuk sekadar jalan-jalan.

DI bawah ini hitungan biaya perjalanan Jakarta-Manchester dengan pesawat murah untuk tinggal enam hari lima malam.

Biaya ini belum termasuk perjalanan tambahan ke kota-kota lain seperti Liverpool, Portsmouth yang indah, ataupun sampai ke Newcastle di utara Inggris.

Visa
Visa Inggris 99 poundsterling termasuk anak-anak.

Asuransi Perjalanan
(wajib, bukti pembelian asuransi disertakan saat aplikasi visa)
Mulai 30 dolar AS per orang.

Tiket Pesawat
Jakarta-Manchester (transit di Malaysia dan London) 700 dolar AS
(dengan catatan harus dipesan jauh-jauh hari. Banyak yang memesan saat promo atau enam bulan sampai setahun sebelumnya).

Hotel
Beruntung jika Anda punya kerabat di sana. Atau agar biaya jauh lebih murah, searching di PPI Manchester, mungkin saja ada mahasiswa atau keluarga Indonesia di sana yang bisa menyewakan kamarnya.

Jika tidak, hotel jadi pilihan. Semalam, hotel-hotel murah (buat backpacker) mulai dari 10 poundsterling tanpa sarapan pagi. Ini tergantung kamar Muuyang Anda pilih. Semakin banyak tempat tidurnya, semakin murah. Semakin sedikit tempat tidur di satu kamar itu, harganya semakin mahal.

10-20 poundsterling tentu harga yang wajar untuk hotel murah dan bersih. Lima malam, jika 10 poundsterling per malam, makan menjadi 50 poundsterling per orang.

Makan
Hitung saja Anda makan sehari tiga kali plus minum dan ngemil. Rata-rata harga sekali makan berat (makan siang dan malam) 6-7 poundsterling.
Ada fastfood Amerika dan Inggris, ada juga masakan Pakistan dan Lebanon. Masakan Turki juga tersedia.
Jadi, jika enam hari berada di Manchester, dengan hitungan sehari 17 poundsterling, maka total biaya makan Anda 102 poundsterling per orang.

Transportasi Lokal
Disarankan membeli tiket weekly (mingguan) untuk kereta lokal (metro) dan bis. Harganya sekitar 10 poundsterling per orang. Anda bisa gunakan itu untuk bis dan metro selama berada di Manchester.

Biaya Tur Lokal
Untuk masuk stadion, Anda harus bayar, masing-masing 15 poundsterling dan 10 poundsterling. Ini belum termasuk objek wisata lainnya. Jadi, anggaran yang harus disiapkan untuk keperluan tur lokal ini sekitar 40 poundsterling.

Lain-Lain
Ada dana persiapan sekitar 50 poundsterling untuk jaga-jaga.

Suvenir
Ini tergantung selera Anda, mau beli apa.

Total Biaya
Plus minus 900 poundsterling atau sekitar Rp 13 juta per orang

1 Poundsterling saat ini Rp 14.000

13 thoughts on “Biaya Backpackeran ke Manchester

  1. Om Ketawing, untuk dateng Inggris,apakah harus ada minimal rekening yg kita punya? hal seperti ini sy alami saat di imigrasi Jepang, untung ada yg jamin. terima kasih atas infonya.

  2. gan itu untuk Pulang pergi 1 orang ap ongkos pergi nya doang? harga tiket pesawat nya masih bingung “Jakarta-Manchester (transit di Malaysia dan London) 700 dolar AS
    (dengan catatan harus dipesan jauh-jauh hari. Banyak yang memesan saat promo atau enam bulan sampai setahun sebelumnya).” ini apa maksud nya gan? mhon di perjelas yah terimakasih🙂
    Glory Glory Manchester United

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s