Kalimantan Terpilih Sebagai Tujuan Wisata Dunia 2012

Ini kabar gembira bagi Indonesia. Setelah Pulau Bali tetap dipilih sebagai salah satu pulau terindah dunia versi CNN, kini giliran Lonely Planet memilih Kalimantan sebagai salah satu region tujuan wisata dunia di 2012.

Biasanya, polling yang disasar adalah kota tujuan wisata atau negara. Kali ini, wilayah atau region menjadi pilihan menarik untuk dipilih.

Pemilihan dilakukan panel ahli penulis Lonely Planet yang telah keliling dunia. Ada sepuluh besar terpilih mulai dari Kanada, India, Prancis, hingga Indonesia.

Sebetulnya, terpilihnya Kalimantan tidak mengagetkan kita. Selain Bali, Borneo (biasa orang-orang Barat memanggil Kalimantan) sudah lama menjadi tujuan perjalanan baik wisata, adventure, riset, maupun perjalanan ekowisata.

Banyak kampus di Inggris, misalnya, memiliki kegiatan ekstrakurikuler penjelajahan wilayah tropis, dan Kalimantan terpilih. Setiap tahun para mahasiswa mengadakan perjalanan ke Kalimantan, dengan beragam tujuan.

Begitupun kampus-kampus lain di Eropa dan Amerika, memiliki aktivitas hampir serupa dengan yang di Inggris. Selain Kalimantan, ada satu pulau di Indonesia yang juga menjadi daya tarik perjalanan, Sulawesi, khususnya Toraja.

Ketika kuliah di Inggris, sejumlah teman yang akan melakukan ekspedisi ke Kalimantan bertanya banyak tentang kehidupan lokal di sana. Ada yang serius memang untuk meneliti, ada juga yang hanya sekadar adventur.

Menurut Lonely Planet, Kalimantan memiliki banyak spot yang bisa dijadikan tujuan perjalanan. Sebut saja, hutan tropisnya, sungai-sungai pedalaman, kehidupan suku-suku lokal seperti dayak, keragaman budaya dan agama, hingga daya tarik nuansa petualangan yang kental.

Spot-spot seperti ini sangat sayang jika dilewatkan. Bagi pecinta travel, Kalimantan menjadi salah satu bagian wilayah terbaik di dunia dengan beragam spot.

Seorang rekan Inggris usai pulang dari pedalaman Kalimantan mengaku sangat kagum melihat alam dan masyarakat di sana. ”Sangat eksotis dan menantang,” begitu kata teman kuliah ini, di pertengahan 2008 lalu.

Ia bersama tim kampus kami di Newcastle University menjelajah Kalimantan hampir sebulan. Ada juga tim yang melakukan perjalanan ke Sulawesi, ya Toraja tadi.

Berikut 10 besar wilayah yang paling top untuk dikunjungi di dunia, versi Lonely Planet.

1. Pesisir Wales, UK

Pesisir Wales menawarkan jelajah pesisir pantai sepanjang 1.377 km. Pemandangan indah karang dan celah-celah bukit di hampir tiap sudut pesisir menjadi daya tarik tersendiri.

Pada 2012, All Wales Coast Path (AWCP), organisasi pesisir di Wales, akan mengadakan perjalanan menempuh pesisir pantai dari Chepstow di selatan hingga Queensferry di utara, melewati jalur hebat dan mengesankan seperti teluk-teluk berpasir dan kastil-kastil yang berdiri di atas bukit menghadap pantai.

Melewati sejumlah pelabuhan dan jalur kereta tua, hingga pantai-pantai terindah di Inggris, salah satunya Pantai Rhossili.

2. La Ruta Maya, Central America

Di sini kita mengunjungi dunia tua di mana suku Maya pernah tinggal. Teknologi tinggi dan peradaban masa lampau pernah hidup di sini, mulai dari kedokteran, matematika, hingga astronomi.

Suku Maya membangun tempat-tempat ibadah mereka disesuaikan dengan pola bintang-bintang dan membuat kalender 13 bulan yang kompleks. Dari kalender inilah kemudian menginspirasi dibuatnya film 2012, tentang dunia yang nyaris kiamat total.

3. Kenya Bagian Utara

Kenya utara menawarkan sesuatu yang berbeda bagi penggilan adventur: padang yang terbentuk karena hancurnya lava, hewan-hewan yang berkeliaran, segerombolan unta yang berkeliling satu sama lain menyembunyikan sumber mata air, gunung-gunung yang terselubung kabut (bahkan kita sulit melihat puncaknya) yang ditinggali pasukan gajah raksasa, hingga pulau yang tandus seolah dinosaurus pernah hidup di sini.

Ada juga hutan kayu akasia dan permata sumber air bernama Dana Turkana. Ini semua tantangan hebat dengana jalan yang mengesankan dan membuat perut bergoyang-gooyang.

4. Arunachal Pradesh, India

Himalaya, masyarakat yang tidak pernah tua, dan taman surga adalah julukan pas buat Arunachal Pradesh ini. Disebut sebagai Shangrila yang hilang.

Taman indah ini terletak di India berbatasan dengan Bhutan, Tibet, dan Myanmar. Kita bisa melakukan semua ekspedisi di sini: budaya, etnik, iklim, daratan, hingga gunung.

5. Hvar, Kroasia

Musim panas tapi tetap dingin di pantai, ada di Hvar, Kroasia. Pulau ini menawarkan pantai sebagai tujuan utama wisata, selain tentunya kehidupan budaya dan iklim di sana yang memang disenangi traveler.

Ada juga pemandangan bukit-bukit dan lembah yang indah. Pecinta petualang sering menjadikan Hvar sebagai tujuan perjalanan.

6. Sisilia, Italia

Sicilia bukan soal mafia. Tapi ini soal perpaduan antara Italia selatan yang kolot, tua, dan penuh sejarah dengan kehidupan baru yang modern.

Pemerintah Italia membangun besar-besaran di sini sehingga menjadikan Sisilia sebagai salah satu tujuan perjalanan dunia. Ada menara, jembatan kolosal, hingga bangunan yang meniru-niru Empire State Building di AS.

7. Provinsi Maritim, Kanada

Ingatlah bencana karamanya Titanik, seratus tahun lalu. Lokasinya di provinsi ini, dan di 2012 akan ada upacara mengenang peristiwa itu.

Diperkirakan, ratusan ribu traveler dari seluruh dunia akan mengunjungi tempat ini. Selain, tentu saja, menyediakan keindahan pantai, enaknya makanan dan minuman, dan nikmatnya masakan laut khas warga lokal.

8. Queenstown & Southern Lakes, Selandia Baru

Dua area ini merupakan tempat adventur pilihan dunia hingga saat ini. Sepanjang tahun ada aktivitas outdoor tanpa henti di kota resor Queenstown, Wanaka, dan Te Anau.

Ada pegunungan, danau-danau, dan taman nasional dengan hamparan padang rumput indah dibatasi gunung-gunung. Kita juga bisa bermain ski di sini.

9. Kalimantan, Indonesia

sumber: touristnewsinfo

Kalimantan adalah surga tropis yang ada di dunia. Di Amerika, mereka membandingkan Kalimantan dengan Hawaii.

Kalimantan adalah penyelamat dunia saat ini. Hutan lebatnya menjaga temperatur dunia lebih stabil dan perubahan iklim masih terjaga.

10. Poitou-Charentes, Prancis

Sangat cocok buat keluarga. Pantai yang indah, akuarium besar, jalur sepeda yang tenang, dan region yang tidak berisik menjadi andalan Poitou-Charentes.

7 thoughts on “Kalimantan Terpilih Sebagai Tujuan Wisata Dunia 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s