5 Museum yang Paling Banyak Dikunjungi

Amerika mendominasi posisi lima besar lima museum di dunia yang paling banyak dikunjungi di dunia. Ada tiga, dua lainnya dari Paris dan London.

Asia tidak memiliki wakil di sini, termasuk dalam 10 besar museum yang paling banyak dikunjungi. Amerika dan Eropa memang menjadi kutub utama berdirinya museum-museum top dunia.

Beberapa negara Timur Tengah yang memiliki museum bagus pun belum bisa menembus 10 besar dari sisi pengunjung yang datang setiap tahunnya.

Unuknya, lima besar museum ini sedikitnya dikunjungi lima juta orang, sementara jumlah wisatawan yang datang ke seluruh Indonesia, 5-6 juta setahun. Ini artinya, untuk satu museum di New York, jumlah pengunjungnya sama dengan turis asing yang datang ke Indonesia setiap tahunnya.

1. Museum du Louvre, Paris, Prancis

foto: bbc

Museum yang menjadi inti cerita Da Vinci Code karya Dan Brown ini dalam beberapa tahunnya telah dikunjungi 8,5 juta orang per tahunnya. Wajar memang, mengingat di museum yang terletak di jantung kota Paris ini tersimpan 35 ribu karya hebat pecinta seni kuno dari berbagai massa, termasuk the Venus de Milo dan the Mona Lisa.

Satu objek museum yang menimbulkan kontroversi sampai sekarang adalah piramida kaca setinggi 69 kaki, IM Pei, yang masuk sana pada 1989. Kontroversi karena tidak mendapat apresiasi bagus dari banyak pihak.

2. National Air and Space Museum, Washington, AS

foto: bbc

Pecinta ruang angkasa dan pesawat-pesawatnya bisa datang ke sini. Di museum yang didirikan pada 1976 di National Mall ini memiliki koleksi terbesar artefak pesawat biasa, pesawat ruang angkasa, dan pesawat ulang alik.

Setidaknya ada 50 ribu artefak asli pesawat, mulai dari milik penerbang Wright bersaudara pada 1903 hingga pesawat canggih. Pengunjung bisa menyentuh artefak pesawat-pesawat ini.

Ada 8,3 juta pengunjung mendatangi museum ini setiap tahunnya.

3. Smithsonian National Museum of Natural History, Washington, AS

foto: bbc

Dikunjungi 6,8 juta orang setiap tahunnya, museum ini memiliki banyak koleksi fosil dinosaurus, Hope Diamond yang terkenal, dan sedikitnya 126 juta benda lainnya. Ini menjadi museum sejarah alam yang paling banyak dikunjungi di dunia.

4. British Museum, London, Inggris

foto: bbc

Masuk museum ini gratis (kebanyakan museum di Inggris memang gratis) di mana setiap tahunnya museum ini dikunjungi 5,84 juta orang dari berbagai negara. Ada tujuh juta objek di museum ini dengan 2,5 mil panjang galerinya. Kita bisa melacak masa lalu di sini seperti Rosetta Stone dan kontroversi Elgin Marbles.

5. Metropolitan Museum of Art, New York, AS

foto: bbc

Setiap tahun museum ini dikunjungi 5,21 juta orang untuk melihat maha karya Picasso dan instalasi Big Bambu di atas atap. Untuk kedua objek ini saja, mampu menarik pengunjung 300 ribu orang pada 2010.

3 thoughts on “5 Museum yang Paling Banyak Dikunjungi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s