Ke Old Trafford, Intip Kamar Ganti Wayne Rooney!

Manchester tentunya harus menjadi salah satu tujuan Anda jika suatu waktu pergi ke Inggris. Kota pelabuhan di Inggris tengah ini tidak hanya menawarkan wisata bangunan tua dan menakjubkan seperti Library Central atau Picadili dan juga makanan yang khas.

Di Manchester, ada Old Trafford. Jika jutaan orang di dunia ditanya tentang kota ini, maka yang langsung terekam di kepala mereka adalah Manchester United dan Stadion Old Trafford.

Manchester United (Foto-Foto: Elba Damhuri)

Stadion Old Trafford yang didirikan pada 1910 ini berkapasitas 70 ribu lebih penonton, dan terus dipugar untuk bisa menampung hingga 90 ribu penonton. Di sini, puluhan legenda sepak bola dunia dan Inggris hidup. Sebut saja Sir Bobby Charlton, Eric Cantona, Mark Hughes, Cristiano Ronaldo (kini di Real Madrid), Roy Keane, dan tentunya Sir Alex Ferguson.

Tidak sulit menjangkau stadion yang letaknya hanya sekitar 6 km dari pusat kota Manchester itu. Segala jenis transportasi darat tersedia: kereta, metro, dan bis. Taksi juga banyak tersedia.

Stadion ini terletak di pinggir jalan utama yang di kiri kanannya berjajar pertokoan dan rumah-rumah yang dijadikan restoran atau kafe. Berbeda dengan Stadion Manchester City yang memang berada di dalam kompleks olahraga, stadion ini tergolong peninggalan lama yang memadukan stadion dan rumah warga. Ada banyak stadion jenis ‘tua’ ini di pelosok Inggris.

Jika tidak ada pertandingan, semua orang bisa masuk ke dalam stadion. Kita bisa melihat kemegahan Theatre of Dreams dari jarak yang paling dekat, melihat lorong khusus pemain saat keluar-masuk stadion, kamar ganti, hingga bench pemain dan pelatih di sisi lapangan.

Stadion Old Trafford memiliki museum, kafe, dan toko suvenir yang cukup besar. Tur Old Trafford mencakup semua, meski ada juga yang tidak termasuk paket museum. Tergantung keinginan kita juga.

Tidak murah memang untuk ikut tur ini. Harga yang ditawarkan untuk umum dan dewasa 10-15 poundsterling. Untuk pelajar, mahasiswa, dan anak-anak serta penduduk senior mendapat potongan harga istimewa.

Setelah membayar tiket tur stadion yang loketnya tersedia di pintu masuk, kita akan diberikan kartu yang diikat tali ekslusif bertuliskan Manchester United. Kita tinggal mengalungkannya di leher.

Seorang tour guide akan mengajak kita keliling stadion. Tour guide ini sepanjang keliling bercerita tentang keberhasilan MU, legenda-legenda MU, trofi-trofi MU, Perang Dunia II yang menghancurkan stadion ini, hingga pribadi-pribadi pemain MU, baik yang lama maupun yang saat ini masih bergabung.

Ada hal istimewa dari tur ini: pertama, kita bisa melongok langsung ruang ganti pemain MU. Di ruangan berukuran sekitar 200 meter itu, kita bisa lihat ada sofa pemain, lemari kecil masing-masing pemain yang di pintunya digantungi kaos para pemain itu sesuai nama.

Ada juga yakuzi dan tempat mandi yang nyaman dan mewah. Di ruang ini, pemain biasa mengganti baju, memakai sepatu, saling berdiskusi, pelatih memberi arahan dan strategi, hingga mereka bisa meregangkan diri dari ketegangan bermain.

Ruang Ganti Pemain MU (Courtesy Travelopod)Lemari favorit para turis yang masuk ke stadion ini, menurut sang tour guide, adalah milik Wayne Rooney. ''Sampai saat ini, jumlah orang yang ingin memoto lemari milik Rooney jauh lebih banyak dari pemain-pemain lain,'' kata tour guide itu.

Ia menunjuk sofa yang biasa digunakan Rooney duduk saat memakai sepatu atau santai, persis di bawah lemari ganti. Lemari Cristiano Ronaldo, sebelum hengkang ke Real Madrid, juga dulunya sering difoto.

Satu lagi tempat favorit pada tur ini adalah bench para pemain, baik tuan rumah maupun tim tamu. Kita bisa duduk di kursi yang biasa diduduki Sir Alex Ferguson dan pemain-pemain MU lainnya. Bench ini pun menjadi incaran para turis untuk foto-foto.

Warna merah mendominasi seisi stadion, mulai kursi hingga simbol-simbol lainnya termasuk tulisan yang ada. Anda akan melihat tulisan besar ‘Theatre of Dream’ di dalam stadion. Kata-kata bagus ini pemberian Sir Bobby Charlton, mendeskripsikan stadion yang menyimpan jutaan sejarah itu.

Ada satu ruang ekslusif lain di mana hanya orang-orang tertentu yang oleh masuk, yakni ruang kaca. Dari ruang ini, kita bisa menyaksikan pertandingan bola tanpa harus berbaur dengan kursi penonton lainnya.

Ada mini bar yang siap melayani para penonton yang harus membayar mahal ruang ini. Yang pasti, ruang ini ada di dalam stadion dan berdempatan dengan tribun penonton biasa.

Jadi, mampirlah ke Old Trafford jika ke Inggris.

Harga Tiket Tur Old Trafford

Tur dilakukan setiap hari mulai 09.00-17.00 waktu Manchester. Tur ditiadakan ketika ada jadwal pertandingan dan sehari jelang Liga Champions.

Tickets                        Hanya Museum         Museum & Tour
Dewasa                       £10,50                       £15,00
Grup Dewasa              £9,50                         £13,50
Junior                           £8,50                         £10,00
Keluarga (4)                £35,00                      £45,00
Keluarga (5)                £42,50                      £54,00
Pelajar                         £9,00                         £11,00

1 Poundsterling = Rp 14.300

3 thoughts on “Ke Old Trafford, Intip Kamar Ganti Wayne Rooney!

    1. Ada momen-momen khusus manajemen stadion mendatangkan sejumlah pemain MU. Kadang mengejutkan. Tiba-tiba ada Wayne Rooney di antara kita. Tapi jarang sekali. Kita bisa melhat langsung pemain turun dari bis dan masuk stadion dari jarak dekat pada saat ada pertandingan.

  1. Hallo….

    Bolehkah saya minta contact person mas? Email or fb juga gak apa2…

    Saya punya rencana trip ke Manchester mas… Saya butuh info2 yang detail tentang biaya dan persiapan apa saja yang harus di persiapkan.. Memang masih dalam waktu lama saya berencana kesana, mungkin sekitar 7 bulan atau 1 tahun ke depan.. Tapi saya mau mempersiapkan segala suatu halnya dari sekarang…

    Mohon sharing2 info nya ya mas… Thx a lot..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s