10 Kota Favorit di 2012

Lonely Planet memilih 10 kota tujuan wisata favorit pada 2012 melalui perdebatan panjang dan hebat di internal mereka. Kriteria yang dipakai dalam pemilihan ini tidak hanya soal keindahan dan nilai sejarah kota itu.

Lonely Planet menyebut faktor event-event besar seperti olahraga (Olimpiade 2012 di London) juga menjadi fokus perhatian pemilihan mereka. Perpaduan antara event seni, budaya, dan festival lainnya pun memiliki nilai tinggi.

Ada kota yang dipilih karena saat ini sedang menjalani kehidupan baru yang lebih baik. Tentu, Anda bisa komplain atau tidak setuju dengan 10 pilihan Lonely Planet ini, dan memiliki pilihan favorit berbeda.

Berikut 10 kota itu.

1. London, Inggris

foto foto Lonely Planet

Olimpiade akan digelar di London pada 2012. Jutaan orang dari berbagai negara dipastikan akan mengunjungi salah satu kota tersibuk di Eropa itu.

Para suporter lebih dari 100 negara dengan seragam kebesaran mereka akan menjadi tontonan menarik, selain tentunya event-event pertandingannya.

Sensasi nasionalisme yang dibawa masing-masing suporter memang menakjubkan. Keceriaan dan keramahan menjadi rumus dasar ketika semua bangsa berkumpul di satu titik.

London memiliki London Bridge, Big Ben, Buckingham, London Tower, Sungai Thames, Stadion Emirates Arsenal, Stadion Wembley, Stadion Stamford Bridge Chelsea, dan sistem angkutan yang sangat modern dan memudahkan.

Persoalannya, London termasuk kota dengan kategori termahal di dunia setelah Tokyo. Jika di kota-kota lain seperti Newcastle dan Liverpool kita masih bisa dapat kebab untuk makan siang seharga 3 poundsterling, di London tentu sulit menemukan itu.

2. Muscat, Oman

Pada masa lalu, Muscat menjadi pusat perdagangan dan globalisasi yang menghubungkan Barat dan Timur. Dari dulu sampai saat ini, Muscat menjadi tempat berkunjung favorit traveler dari seluruh dunia.

Selain memiliki museum dan istana Qabus, Muscat mampu menarik perhatian dengan memadukan seni, budaya, dan tawaran-tawaran mewah dari sisi akomodasi. Muscat terkenal dengan aktivitas aquatiknya juga.

Pada 2012, ada banyak event dan pagelaran digelar di sini. Misalnya, olahraga air yang rada-rada sinting ikut meramaikan pesta budaya tradisional di sepanjang garis pantai.

Muscat pada akhirnya menawarkan eksotisme timur, perpaduan masa kini dan masa lampau.

3. Bengalore, India
Banyak even dan festival diadakan di Bengalore, yang juga terkenal sebagai Silicon Valley-nya India itu.

Bengalore menawarkan sesuatu yang berbeda terkait dengan wisata makanan, minuman, jenis-jenis masakan, hingga pagelran musik maupun seni.

Para pebisnis pun sering mengunjungi kota ini, baik dalam rangka urusan bisnis maupun perpaduan bisnis dan jalan-jalan.

4. Cádiz, Spanyol

Cadiz merupakan kota tua di Spanyol, lengkap dengan banyak orang tua yang tinggal di flat-flat. Kota ini kadang sepi, tetapi seringkali menjadi tempat karnaval 10 hari tanpa henti minum, bernyanyi, berdansa, dan bersenang-senang.

Jika Anda menyenangi hal-hal berbau humor, komedi kritik yang nyinyir, dan cerita-cerita sindiran, wajib datangi karnaval yang digelar Februari ini.

Bangunan tua menjadi daya tarik lain di sini. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi seolah mencerminkan semangat dan jati diri Cadiz sebagai sosok Andalusia gagah dan pemberani.

5. Stockholm, Swedia
Anda bisa tur ke tempat-tempat favorit di Stockholm yang disuguhkan dalam film The Girl with The Dragon Tattoo. FIlm ini diambil dari trilogi novel Stieg Larson yang dicetak lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.

Distrik Sodermalm menjadi satu tempat indah yang digambarkan di film itu. Ini merupakan distrik bergaya bohemian dengan arsitek kuno dan kehidupan malam yang keren.

Kafe Sodermalm menjadi tempat heboh yang dikejar banyak penggila film ini. Dalam buku kedua Larsson, The Girl Who Played with the Fire, juga menggambarkan kafe-kafe bar yang layak didatangi. Kekuatannya ada pada arsitek, bangunan tua, dan suasana kota yang begitu ‘Romawi kuno’ bersama orang-orangnya.

Stockholm kota jasa, perdagangan, dan pendidikan yang diburu jutaan orang di seluruh dunia. Di sini ada istana, museum, dan gedung-gedung megah. Kota terbagi dalam dua sisi: kota tua dan kota modern.

Anda jangan khawatir tentang transportasi di sini yang sudah tertata rapi, seperti kebanyakan negara-negara Eropa.

6. Guimaraes, Portugal

Guimaraes terletak di utara Portugal yang dinobatkan Unesco sebagai kota warisan dunia. Ini merupakan kota yang anehnya tidak tercium banyak traveler di banyak negara.

Peninggalan abad pertengahan kentara di sini, terlihat dari bangunan-bangunan yang atapnya didominasi warna merah dan juga jalan-jalannya. Bangunan pun terlihat bertiang, ditambah istana/kastil.

Ini saat tepat kunjungi Guimares yang pada 2012 diangkat sebagai Ibu Kota Eropa untuk Budaya.

7. Santiago, Chile
Chile menjual dua hal untuk menarik turis: event olahraga dan pesta budaya. Ternyata ini ampuh juga untuk mendatangkan jutaan turis. Santiago telah membuktikan itu dan terpilih oleh Lonely Planet sebagai kota tujuan jalan pada 2012.

Hiking dan kehidupan alamnya juga cukup menarik dijelajahi. Soal kehidupan malam, semua ada di Santiago.

8. Hong Kong

Ada banyak tawaran dari Hong Kong di 2012. Anda yang suka hiking, Hong Kong menyediakan. Begitupun bagi penggila gedung pencakar langit sambil menikmati santapan khas lokal, Hong Kong menjanjikan semua kenikmatan itu.

Musik, tari, dan pentas budaya menjadi daya tarik tersendiri. Perpaduan antara kultur Cina kuno dan modernisasi memanjakan mata kita sepanjang berada di sini.

Feri menyusuri sungai merupakan bagian khas Hong Kong yang sering kita lihat di film-film.

9. Orlando, AS
Di akhir Februari, Orlando akan menjadi tuan rumah Pekan Basket NBA All Star. Ini menjadi momen besar di mana banyak orang tidak hanya dari Amerika Serikat (AS) datang ke sini. Para traveler dari luar negeri pun seolah ingin menyaksikan keramaian Orlando dengan gemerlap bintang-bintang basket NBA.

Selain basket, ada 71 gedung pencakar langit berdiri tegak di kota ini. Menikmati pemandangan seisi kota dari gedung tinggi sambil menikmati santapan lezat tentu menyenangkan. Orlando menawarkan itu semua.

10. Darwin, Australia

Darwin bukan lagi kota para pensiun. Penggemar dunia keras alam bisa datang ke sini dan menjelajah jauh ke dalam. Yang suka mancing, Darwin bisa menjadi pilihan.

Darwin kini menjadi salah satu tujuan utama jika traveler datang ke Australia. Penyuka seni juga tidak melewatkan festival-festival yang digelar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s