Menghitung Budget Perjalanan ke Tiga Kota di Skotlandia

Melakukan perjalanan tiga kota di Skotlandia —Ediburgh, Aberdeen, dan Glasgow— sangat mengasyikkan. Setidaknya butuh waktu lima hari enam malam untuk bisa menjelajah ketiga kota itu.

Mengurus visa Inggris (UK) termasuk Skotlandia memang tidak mudah, tetapi tidak susah juga. Asal semua persyaratan terpenuhi, visa pasti akan keluar.

Berikut perhitungan biaya perjalanan ke Skotlandia:

Visa
Untuk non-pemerintah 99 poundsterling, termasuk visa untuk anak-anak. Lama waktu proses 1-12 pekan.

Asuransi Perjalanan
Mulai dari 30 dolar AS

Tiket Pesawat
Tiket pesawat Jakarta-Edinburgh tergolong mahal meski dipesan sejak jauh-jauh hari. Rata-rata 1.300-1.500 dolar AS pulang pergi. Jika beruntung, Anda bisa mendapat yang harganya 1.000-1.100 dolar AS.

Hotel/Youth Hostel
Untuk hotel bintang tiga ke atas, harganya rata-rata di atas 120 poundsterling per malam.

Bagi penyuka budget travel, tersedia banyak hotel-hotel murah di Edinburgh, Glasgow, maupun Aberdeen. Rata-rata harganya mulai 10 poundsterling per malam, tergantung tipe yang Anda pesan.

Jika Anda bepergian selama lima malam enam hari, butuh sekitar 100-120 poundsterling untuk akomodasi tidur.

Scottish Youth Hostel bisa menjadi pilihan selama melakukan perjalanan di Skotland. Selain murah, mulai dari 10 poundsterling

Makan dan Minum
Edinburgh dan kota-kota lain di Skotlandia tergolong kota mahal, meski tidak semahal London. Namun, Anda masih bisa menikmati makan murah dan enak.

Sekali makan, rata-rata 5-7 poundsterling. Untuk sarapan (jika di hostel) sekitar 3 poundsterling.

Disarankan, tidak usah ambil paket sarapan di hostel atau hotel backpacker mengingat rasa makanan itu kemungkinan besar sangat tidak cocok dengan lidah kita. Lebih baik bawa saja.

Minum air gratis di sana. Dari kran bisa langsung diminum. Tetapi Anda perlu membawa air dalam kemasan selama keliling-keliling.

Kalaupun beli minum dalam botol, per botol ada yang 0,5 poundsterling sampai 3 poundsterling.

Jika Anda suka makanan ‘all you can eat’ bisa memilih resto-resto yang menyediakan itu, mulai harga 8 poundsterling. Kebanyakan resto China.

Suvenir
Tersedia suvenir mulai harga di bawah 1 poundsterling sampai yang mahal sekalipun.

Transportasi
Di Edinburgh, Glasgow, Aberdeen, dan beberapa kota lain di Skotlandia Anda tidak membutuhkan kendaraan untuk melihat-lihat kota.

Jalan kaki menjadi pilihan tepat. Kota-kota wisata itu memang didesain untuk jalan kaki. Kenyamanan pejalan kaki menjadi target utama mereka.

Tapi Anda perlu menganggarkan biaya transportasi dari kota satu ke kota lainnya. Misalnya, dari Edinburgh ke Glasgow sekitar 10-12 poundsterling pulang pergi.

Jika beruntung Anda mendapat tiket fun fare cuma 1 poundsterling.

Begitu juga jika Anda melakukan perjalanan dari Edinburgh ke Aberdeen, jika beruntung dapat tiket 2 poundsterling, pulang pergi. Tiket normal di atas 10 poundsterling. Tiket kertra jauh lebih mahal.

Tempat Wisata
Untuk memasuki sejumlah tempat wisata harus bayar, seperti Kastil Edinburgh. Setidaknya, di satu kota Anda harus menyiapkan sedikitnya 20 poundsterling untuk bayar tempat wisata.

Lain-lain
Perlu dana cadangan 10 persen dari total pengeluaran Anda.

Total biaya perjalanan ke Skotlandia selama 5 hari 6 malam (termasuk ke Edinburgh, Aberdeen, dan glasgow) : 1.000-1.300 poundsterling.

1 poundsterling = Rp 14.300

Catatan: Biaya di atas dengan menghitung akomodasi hotel backpacker, bukan hotel bintang satu dan seterusnya. Jika ingin tidur di hotel bintang tiga misalnya, total biaya mencapai1.600-1.700 poundsterling.

3 thoughts on “Menghitung Budget Perjalanan ke Tiga Kota di Skotlandia

    1. Gratisan bisa Mba… Misalnya, kejar beasiswa ke luar negeri, ikut kompetisi travel seperti yang rutin diadakan Kedubes Jepang, Korea selatan, maupun Amerika. Nabung pun masih bisa diupayakan kok (senyum dikit)…. Yang penting tentukan perencanaan mau pergi ke mana dan kapan, berapa biayanya. Dari situ, uang penghasilan kita bisa dipotong sekian persen per bulan untuk kepentingan perjalanan itu. Gitu mba….

  1. 1 poundsterling sekarang udah 21.005 rupiah berarti budget nambah donk,,, total kurang l3bih mesti bawa 50jta kali itu kalo cukup,,, hahha… kalo pesawat ajah pulang pergi ambil yg sedang 30juta, visa 2juta, sisnya 18juta buat hotel makan dll…. mudah2an akhir tahun ini saya bisa k scotland,,, amien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s