2020, Jakarta Masuk 33 Kota Terkaya di Dunia

Satu pertanyaan besar terjawab: bisakah Jakarta dianggap sebuah kota nyaman, aman, dan enak untuk dikunjungi?

Jakarta baru akan terasa nyaman dan layak dikunjungi seperti kota-kota utama dunia baru pada 2020. Orang-orang akan membicarakan Jakarta seperti saat ini mereka memuja-muji Tokyo, London, Istanbul, Los Angeles, hingga Beijing.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan analisis dari sejumlah lembaga seperti PricewaterhouseCoopers (PwC) dalam outlook tentang kota-kota terkaya di 2020 menempatkan Jakarta di posisi ke-33.

Ini berarti Jakarta mengalahkan banyak kota besar dunia yang saat ini menjadi tujuan orang datang seperti Barcelona (urutan ke-42), Kairo (41), Roma (45), Milan (48), Bangkok (46), St Petesrburg (57), dan Vienna (65).

Jakarta (courtesy: tripadvisorindonesia.com)

Metro Manila berada di tempat terbaik dari Jakarta, yakni di urutan ke-30. Manila dan Jakarta mewakili 33 besar kota terkaya di dunia pada 2020, sementara Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, dan Hanoi berada jauh di bawah keduanya.

Tokyo berada di urutan teratas kota terkaya di 2020, disusul New York, Los Angeles, London, Chicago, dan Paris di urutan keenam. Mexico City duduk di posisi ketujuh, sementara Washington DC di urutan ke-10.

PBB menggunakan dua ukuran untuk menentukan status kota terkaya di dunia ini: pendapatan (GDP) dan persentase pertumbuhan ekonomi.

Tokyo (courtesy Tokyotourism.org)

Tokyo pada 2020 akan memiliki GDP (pendapatan seluruh rakyat Tokyo jika digabung) sebesar 1.602 miliar dolar AS. Sementara Los New York 1.561 miliar dolar AS dan London 708 miliar dolar AS.

Pendapatan total seluruh rakyat Jakarta, dari tukang sapu jalan, pabrik-pabrik, toko-toko, hingga pejabat tinggi negara pada 2020, mencapai 253 miliar dolar AS. Saat ini, GDP Jakarta hanya 92 miliar dolar AS.

Manila unggul sedikit dari Jakarta dalam hal GDP, yakni 257 miliar dolar AS. Sementara GDP Singapura pada 2020 218 miliar dolar AS.

Naiknya Jakarta dari urutan 70 sebagai kota terkaya di dunia dinilai wajar, mengingat program perbaikan infrastruktur dan tata kota yang sudah dimulai saat ini akan berdampak 5-10 tahun ke depan.

Pada sisi lain, Jakarta tumbuh sebagai kota jasa, bisnis, perdagangan, kreatif, dan industri yang berdampak langsung pada naiknya pendapatan per kapita.

Pertumbuhan itu mengurangi angka kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan sosial yang saat ini masih lebar.

Memang, PwC dan PBB merilis pemeringkatan kota-kota terkaya di dunia tidak memasukkan faktor-faktor lain yang spesifik, seperti pendidikan. Namun, dalam kaca mata ekonomi, indikator GDP nominal dan pertumbuhan secara persentase cukup kuat dijadikann dasar.

Apa dampak terpilihnya Jakarta sebagai kota terkaya di dunia? PBB menyebut Jakarta akan menjadi kota yang nyaman dan asyik untuk dikunjungi dan tentu saja untuk tinggal.

Singapura seperti saat ini atau London sekarang akan terwujud pada Jakarta di 2020 dengan keadaan yang bisa lebih baik.

Milan Italia (Courtesy aboutmilan.com)

Langkah Jakarta untuk menjadi salah satu kota terbaik di dunia mendapat rejeki nomplok dengan masuknya Indonesia ke dalam negeri layak investasi (investment grade) oleh Fitch ratings pada Desember 2011 ini.

Artinya, Indonesia, khususnya Jakarta, menjadi surga bagi para investor untuk menanamkan duitnya bagi pengembangan bisnis maupun memulai usaha. Posisi Indonesia sudah sejajar dengan Brasil, Rusia, dan beberapa negara lainnya. Malaysia memang masih di atas kita.

Jalan terbuka untuk melihat Jakarta yang lebih baik…..

8 thoughts on “2020, Jakarta Masuk 33 Kota Terkaya di Dunia

  1. kota kaya gak menjamin mayoritas penduduknya makmur,karana di jakarta sendiri kebnyakan dihuni statra sosial bawa sekitar 30 %.dan di mana itu sering muncul kesenjangan sosial di antara interaksi masyarakat/individu sosial.jadi g akan bisa dikatakan kota kaya,jika masih banyak masyarakat sosial yang tingkat ekonomi mereka masih jauh dibawah standar.dan fasilitas mewah yang terdapat di jakarta.hanya orang yang berkecukupan atau berlebihan dalam segi ekonomi yang bisa menikmatinya..faktor utama adalah ketidak seriusan pemerintah menangani kemiskinan.dan ketidak seriusan pemerintah memberantas korupsi.

  2. Bagaimana dengan akhlak manusianya? Kitakan sebagai ummat islam terbesar di dunia.kita seharusnya mementingkan akhlak manusia agar ummat islam seluruh indonesia bagus akhlaknya.itu yang pertama, yang kedua adalah, menurut saya indonesia adalah negara yang kaya tapi manusianya yang banyak korupsi.dan indonesia adalah negara yg memiliki tambang emas ter kaya di dunia.Kita memerlukan pemimpin yang jujur .Jika kita memiliki pemimpin yang jujur dari dulu mungkin negara2 di dunia akan mengatakan bahwa indonesia adalah negara yang kaya di dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s