Kastil Aberdeen dan Perang Inggris-Skotlandia

Kastil Aberdeen di musim dingin (foto Elba Damhuri)

Salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi para wisatawan dan volunter di Skotlandia adalah kota Aberdeen. Selain menawarkan sejumlah atraksi wisata alam, arsitektur tua, kastil, kota tua, dan hutan serta pantai, Aberdeen juga menjadi tempat singgah menyenangkan bagi mereka yang ingin bermain ski.

Ada dua tempat ski ternama yang terletak di sekitar Aberdeen, yakni ski area Glanshee dan Lecht yang berada sekitar 56 km dari barat kota terbesar ketiga di Tanah Scot itu. Pas musim dingin, ribuan orang berdatangan mengunjungi tempat bermain ski tersebut.

Sebagian besar di antara mereka menikmati meluncur dari ketinggian gunung es, sebagian lain masih belajar, dan banyak juga yang hanya menikmati pemandangan indah di daerah itu.

Aberdeen dikenal juga sebagai ‘the granite city’ dan ‘the silver city of the golden sand’. Ketika minyak ditemukan dan diproduksi di sana, julukan baru pun disematkan kepada kota ini, yakni the oil capital of Europe dan the energy capital of Europe.

Bangunan di sana, terutama rumah-rumah, memang banyak terbuat dari batu granite sementara pantai di Aberdeen memberikan suasana beda seperti pantai-pantai lain di Kerajaan Inggris (UK). Jika summer tiba, menjadi saat yang tepat untuk sekadar berjemur dan bermain-main di pantai.

Angin kencang dan cuaca yang dingin bahkan di musim panas pun bakal menyambut kedatangan setiap pengunjung entah itu yang datang melalui pesawat, kereta api, maupun bis. Jaket sangat diperlukan bagi pelancong dari manapun. Pada saat winter, maka sarung tangan pun menjadi teman setia seperjalanan selama mengelilingi wilayah yang dekat dengan Danau Lochness dan Dataran Tinggi Grampian itu.

Highland memang menjadi kawasan favorit yang didatangi para turis dan petualangan maupun backpacker. Legenda manusia abadi yang memunculkan seorang pahlawan dari klan McLeod, Duncan McLeod, telah menyihir setiap orang untuk melihat deretan bukit yang terbentang di wilayah itu.

Aberdeen memiliki banyak kastil yang bisa dikunjungi, terutama di musim panas. Kebanyakan kastil tutup di musim dingin. Di pusat kotanya saja ada satu kastil yang terkenal yang disebut Aberdeen Castle atau biasa disebut Castlegate.

Sungguh mengasyikkan duduk di halaman kastil itu sambil melepas lelah setelah berjalan kaki keliling kota yang memang tidak terlalu besar itu. Burung-burung merpati yang berkumpul akan menjadi teman istirahat sambil memandang bangunan-bangunan tua yang ada di depan kastil itu. Jika malam tiba, ratusan kelalawar beterbangan di atas bangunan-bangunan tua itu.

Aberdeen Castlegate

Kastil Aberdeen terletak di ujung pusat kota Aberdeen. Puas berkeliling kota sambil berbelanja atau menikmati keramaian kota, halaman kastil sangat asyik digunakan untuk sekadar minum dan duduk-duduk.

Seperti Kastil Dunnottar di Stonehaven, Kastil Aberdeen juga menyimpan cerita panjang kemerdekaan Skotlandia dari Inggris. Kastil yang dibangun di awal abad pertengahan itu menjadi saksi kunci dara, pengorbanan, dan air mata bagi konflik besar Kerajaan Inggris dan Skotlandia saat itu.

Pada tahun 1200-an, Raja Edward I dari Inggris menjadikan Kastil Aberdeen sebagai tempat peristirahatan sementara usai memenangi perang dengan Skotlandia.Setahun kemudian, William Wallace, dari pasukan Skotlandia, setelah merebut kembali kastil Donnutar, menyerbu pasukan Inggris di Aberdeen, dan merebut kembali kastil kebanggan raja Skotlandia itu.

Mencapai Aberdeen

Tidak sulit untuk mencapai Aberdeen dari berbagai penjuru dunia, apalagi Inggris dan Skotland. Sejumlah penerbangan langsung dari beberapa kota di Inggris dan Eropa melayani perjalanan ke sana. Dari London atau Manchester bisa langsung dengan pesawat atau menggunakan kereta api dan bis.

Dari Newcastle, dengan menggunakan bis, butuh waktu sekitar lima jam perjalanan menuju Aberdeen yang rata-rata suhunya 3-11 derajat Celcius itu. Perlu dua kali ganti bis, pertama di Edinburgh dan kedua di Dundee sebelum sampai di Aberdeen.

Jika Anda kebetulan berkunjung ke Inggris, Aberdeen bisa dijadikan salah satu pilihan tempat untuk dikunjungi. Selamat menikmati perjalanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s