Kastil Dunnottar dan Sejarah Kelam Skotlandia

Jika Anda berencana bepergian ke Skotlandia, Stonehaven harus menjadi pilihan utama. Ada pelabuhan yang indah dengan pusat kota perpaduan modernisasi dan abad pertengahan.

Ada lebih dari tiga kastil oke yang wajib kita kunjungi. Kita bisa keliling pedesaan dan pinggiran kota dengan kereta uap zaman dulu. Gerbong dan lokomotif masih berbentuk kereta lama.

Salah satu kastil paling terkenal di dataran Inggris dan Eropa adalah Kastil Dunnottar, yang terletak di kota Stonehaven. Kastil ini disebut juga Benteng Pictish.

Ini memang bukan sekadar bangunan tua peninggalan tuan tanah abad pertengahan. Ada cerita pilu terkait sejarah kelam Skotlandia di sini.

Kastil Dunottar terletak di atas bukit dengan pemandangan laut lepas, Laut Utara. urung-burung camar dan suara burung-burung laut lainnya akan menemani Anda selama berada di kastil yang dibangun pada abad ke-5 itu.

Mel Gibson dan kru film ‘Hamlet’ pernah syuting di sini. Pemandangan laut dan tebing-tebing disertai bangunan yang megah menjadi alasan dipilihnya kastil Dunnotar di sesi fim ‘Hamlet’.

Kastil ini menjadi bukti sejarah panjang perjalanan Skotlandia dari abad ke-5 sampai sekarang. Di abad itu, Santo Ninian membawa umat Kristiani menempati Dunnottar dan menjadikan basis perkembangan Kristen.

Viking merebut kastil ini dan membunuh King Donald II pada abad ke-9. Tak cukup puas membunuh raja dan pasukannya, kaum Viking pun menghancurkan sesisi kastil dan tempat ibadah yang ada.

Kastil ini kemudian didirikan lagi dan dijadikan pusat kegiatan Katolik dengan dibangun gereja pada abad ke-12. Dalam perjalanannya, gereja dan kastil ini pun dibakar dan dihancurkan dan kemudian dibangun lagi.
Perang antara Inggris dan Skotlandia di abad ke-9 juga melibatkan kastil ini. Begitupun pertumpahan darah antar-landlord si Skotlandia.

Kastil Dunnottar adalah saksi bisu kekerasan, perebutan kekuasaan, perang antarsaudara, hingga penjajahan bangsa asing, hingga terbentuknya Skotlandia.

Menuju Kastil

Dari Aberdeen, Anda bisa memilih kereta dengan tiket dewasa 5 poundsterling dengan perjalanan sekitar 20-30 menit menuju Stonehaven. Atau dengan bis yang tiketnya lebih mahal, 10 poundsterling, dengan waktu tempuh 50-60 menit.

Dari Stonehaven, Anda bisa naik mobil dan sampai di tempat parkir yang disediakan. Atau Anda bisa memilih berjalan kaki dari Stonehaven.

Anda harus berjalan kaki dari tempat parkir menuju kastil yang terletak di atas bukit. jalan setapak dengan rerumputan pagar kayu terhampar luas dengan laut di bawahnya.

Ada ratusan orang setiap akhir pekan memilih hiking untuk sampai ke Kastil Dunnottar. Waktu tempuh dengan jalan kaki sangat variatif. Jika berjalan nonstop, cukup satu jam. Jika santai dan banyak berhenti, lebih dari satu jam.

Debur ombak dan suara burung camar akan menyambut kedatangan Anda di kastil yang dikenal sebagai ’embahnya sejarah Skotlandia’ itu.

Harga tiket untuk dewasa 5 poundsterling per orang, anak-anak di bawah 16 tahun hanya 2 poundsterling, dan keluarga 12 poundsterling. Keluarga meliputi ayah, ibu dan dua anak.

Di akhir pekan, turis-turis dari banyak negara mendatangi kastil, termasuk dari Asia.

Stonehaven (Courtesy Travelpod)

Anda akan menumui orang-orang lokal yang ramah dan sangat membantu kepada turis. Mereka tidak segan-segan menolong Anda tanpa diminta terlebih dahulu.

Mereka juga akan berbaik hati berbicara dengan bahasa Inggris yang pelan dengan prononsiasi yang jelas jika bicara dengan turis. Semua tahu, cara orang Skotlandia bicara, sulit dimengerti.

Yang paling penting, karena kastil dan kota ini terletak di utara Skotlandia, Anda harus membawa jaket bahkan di musim panas.

2 thoughts on “Kastil Dunnottar dan Sejarah Kelam Skotlandia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s