Cara wartawan Nulis Berita Sepak Bola

Tidak semua peliput event-event olahraga adalah wartawan olahraga. Dalam beberapa event besar seperti final Liga Indonesia, Piala Dunia, dan Piala Eropa, media mengirim wartawan yang sama sekali tidak memiliki background kuat di olahraga.

Ada wartawan ekonomi, pendidikan, dan lainnya yang dikirim. Akibatnya, isi beritanya pun jauh dari konten olahraga yang seharusnya. Berikut contoh-contohnya:

Wartawan Kriminal
Judul: Final Liga Indonesia Sempat Rusuh, 3 Orang Tewas

Final Liga Indonesia diwarnai kerusuhan antarsuporter yang menewaskan tiga orang dan melukai sedikitnya 20 lainnya. Polisi telah menahan 200 suporter dari tim Persija dan Persipura yang sampai saat ini masih diinterogasi secara intensif.

Wartawan Ekonomi
Judul: Inflasi Bayangi Laga Italia-Spanyol

Pertandingan Piala Eropa antara Italia melawan Spanyol disaksikan 32 ribu penonton yang membeli tiket mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta. Jika dirata-ratakan harga tiket Rp 1 juta, maka panitia mendapat pemasukan Rp 32 miliar dalam satu laga itu.

Diperkirakan terjadi laju inflasi 0,02 persen di kota Basel pada hari itu sebagai dampak meningkatnya perputaran uang. Para penjual makanan dan minuman, misalnya, mengaku mendapat pemasukan hingga sepuluh kali lipat dari biasa. Begitu juga pendapatan sektor transportasi pada hari itu naik tajam, hingga 400 persen.

Wartawan Pendidikan
Mayoritas Pemain Portugal Hanya Lulus SMA

Hampir 60 persen pemain nasional Portugal mengenyam sekolah hanya sampai SMA. Mereka lebih memilih sepak bola dibandingkan melanjutkan studi mereka. Memang, ada 10 persen yang sempat kuliah di beberapa kampus tak begitu terkenal di Portugal.

Dibandiingkan tim nasional Inggris yang hanya 30 persen pemainnya lulus SMA, Portugal termasuk tim terbanyak yang pemainnya tidak berpendidikan tinggi. Inggris memiliki 50 persen pemain yang lulus kuliah strata satu.

Wartawan Politik
Jika Pemilu Sekarang, Orang Belanda Jadi Walikota Bern

Warga Belanda bisa terpilih sebagai walikota Bern, Swiss, jika pemilu digelar bersamaan dengan Piala Eropa 2008. Maklum saja, jumlah penduduk Bern hanya 50 ribu sementara suporter Belanda yang datang ke kota itu mencapai 70 ribu.

Wartawan Hiburan
David Villa Bak Freddy Mercury

David Villa bak Freddy Mercury yang menjadikan panggung sebagai theater, bukan sekadar menyanyi. Villa pun melakukan itu saat membawa Spanyol tampil sebagai juara Eropa 2008. Ia tidak cuma bermain bola, tetapi Villa sedang konser.

Ia tidak hanya menggiring bola dan menendangnya, tetapi juga mengolahnya penuh irama, turun naik seperti Queen membawakan lagu-lagu penggugah hidup. Villa mampu menyihir puluhan ribu suporter di stadion dan jutaan lain di seluruh dunia dengan aksi-aksi teatrikalnya yang mempesona.

Wartawan Agama
Perhatikan Umat Beragama di Setiap Kejuaraan Bola

Ribuan suporter Turki mengeluh tidak adanya tempat ibadah saat mendukug tim kesayangannya tampil di Piala Eropa Swiss-Austria. Mestinya, dengan kehadiran 20 ribu orang Turki, panitia menyediakan mushala atau masjid kecil agar panggilan ibadah agama bisa dilaksanakan karena ini merupakan hak asasi setiap manusia.

Wartawan Lingkungan
Tingkat Kebisingan Capetown Naik 200 Persen

Sebagai akibat pelaksanaan Piala Dunia di Capetown, Afsel, terjadi lonjakan tingkat kebisingan sampai 200 persen. Para ahli menyatakan, kenaikan tajam itu berdampak kuat terhadap kesehatan masyarakat, terutama pendengaran dan kepala. Apalagi, panitia tidak mengantisipasi kenaikan itu dengan menyediakan tempat-tempat yang ramah lingkungan.

Wartawan Gadungan
Federer Siap Kapteni Swiss

Roger Feederer siapa mengapteni kesebelasan Swiss di Piala Dunia 2010. Ia sudah menyiapkan jurus andalan untuk mengalahkan lawan-lawannya, termasuk smash silang dan permainan net yang memukau….

2 thoughts on “Cara wartawan Nulis Berita Sepak Bola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s