Ke Turki, Ayo Coba Meatball….

meatball

Kebab identik dengan makanan Turki. Tapi kebab bukan satu-satunya makanan enak yang layak disantap jika bepergian ke Turki.

Meatball bisa menjadi pilihan utama. Salah satu produk turunan daging sapi atau kambing asap ini memberikan sensasi pedas, asam, dan asin.

Meatball diasap dan dibakar dengan ditambah bumbu-bumbu khas Turki seperti bawang merah, garam, dan rempah khas. Ada campuran telor dan sayur-mayur di dalamnya.

Satu porsi meatball terdiri dari enam potong daging yang masing-masing berukuran kotak sebesar bakso di sini. Disajikan dengan sambal khas Turki jauh lebih lezat dan enak dibandingkan dengan saus biasa.


Bagi penggila pedas, sambal Turki cukup bisa diandalkan untuk uji nyali. Campuran meatball dan sambal ini yang membuat banyak orang yang datang ke Turki bolak-balik menyantap hidangan ini.

Meatball memang bukan makanan asli Turki. Asal-usulnya datang dari Iran, dan dimodifikasi di Turki. Sedikitnya ada 30 macam jenis meatball yang berkembang di Turki. Masing-masing memiliki keunggulan rasa dan sajian berbeda.

Di Istanbul, banyak restoran menyajikan meatball. Salah satu yang menjadi andalan dan langganan saya selama wisata di sana adalah meatball di resto Sultan Ahmet yang terletak di depan Masjid Biru.

Saya coba beberapa meatball di resto lain di sekitar Istanbul, namun yang paling lezat yang ada di resto Sultan Ahmet ini.

Harganya tidak mahal, hanya 7 dolar AS untuk satu porsi. Plus nasi, tambah 2 dolar AS per porsi.

resto Sultan Ahmet

Setiap porsi meatball dilengkapi dengan roti tawar Turki. Roti ukuran sebesar piring normal ini cukup kenyang untuk menggantikan nasi. Jadi, Anda tidak perlu pesan nasi.

Teman makan meatball, cukup pesan teh lokal yang hangat. Bisa juga divariasikan dengan coke atau es lainnya. Idealnya dengan jus buah memang atau teh lokal tadi.

Selamat menikmati!

3 thoughts on “Ke Turki, Ayo Coba Meatball….

  1. Nyam..nyam..yummy,baca referensi sama liat photonya ajah udh bikin ngiler..”Mauuuuuuu”,7dolar tdk mahal yaa,saya pikir resto itu pasti bisa 15-20dolar..wah info tg kulinery perlu n penting bgt buat para turis,apalgi yg gak ngeluarin kocek byk,yg ptg sehat dan bersih,selebihnya menikmati dan mengagumi history dari negara yg dikunjungi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s