7 Tempat di Istanbul yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda ke Turki, tujuh tempat ini wajib menjadi prioritas untuk dikunjungi. Kita tidak hanya jalan-jalan, tetapi juga menemukan sesuatu yang bernilai dari perjalanan ini. Mereka adalah:

1.Topkapi Palace

topkapi palace

Istana kediaman kekhalifahan Ottoman selama berkuasa empat ratus tahun lebih. Kekuasaannya menyeruak dari Hungaria di Eropa sampai Irak di Asia.

Dari istana ini tampak keindahan Selat Bosphorus dengan beragam aktivitas, mulai kapal yang hilir mudik sampai perahu-perahu (yacht) kecil yang tiada habisnya berputar-putar.

Terletak di area Sultan Ahmed Square.

2. Haghia Sophia

Hagia Sophia (FOTO2: Elba Damhuri, copyrights reserved)

Dulunya katedral yang kemudian ketika Sultan Ahmet menaklukkan Konstantinopel, diubah menjadi masjid. Pada era Kemal Atturk masjid ini diubah menjadi museum.

Hagia Sophia menjadi tujuan utama turis karena di dalamnya memperlihatkan khazanah kaya Islam dan Kristen. Di sana ada kaligrafi, tetapi ada salib juga.

Letaknya berdekatan dengan Topkapi Palace.

3. Masjid Biru

Masjid Biru

Masjid ini didominasi warna biru pada dinding-dinding dan keramiknya. Masjid ini dibangun pada era 1600-an sebagai penyeimbang adanya katedral besar yang berdiri di tengah kota Istanbul.

4. Masjid Suleymaniye

Masjid Suleymaniye

Ini menjadi masjid terbesar kedua di Istanbul dan berumur lebih tua dari Masjid Biru. Masjid ini dibangun pada 1950-an.

Terletak agak jauh dari pusat kekuasaan Ottoman namun lebih dekat ke Selat Bosphorus.

5. Grand Bazaar

Grand Bazaaar

Untuk urusan belanja barang-barang murah di sini tempatnya. Grand Bazaar merupakan pusat pertokoan tradisional yang menjual segala macam barang, terutama suvenir dan lain-lainnya.

Terletak berdekatan dengan pusat kota Istanbul. Belanja di sini bisa nawar.

6. Istiklal Caddessi

Istiklal Caddesi

Salah satu tempat paling terkenal di Istanbul. Pada hari-hari tertentu, hampir tiga juta
orang datang ke sini.

Ini merupakan jalan sepanjang 3 km dengan kiri kanan bangunan rumah, toko-toko mulai makanan, toko musik, pakaian, kafe, sinema, theater, dan lain-lainnya.

Buat yang doyan makan dan belanja, silakan datang ke sini.

7. Selat Bosphorus

Selat Bosphorus

Naik kapal pesiar atau feri menengah menyusuri Bosphorus, menikmati pemandangan gedung-gedung tua dan bangunan modern yang tumbuh di kiri kanannya, menjadi sensasi tersendiri saat datang ke sini.

Cukup 10 dolar AS kita sudah bisa keliling dimanjakan kapal feri. Buat pasangan muda, pilihan bulan madu ke Istanbul tentu menjadi sangat tepat.

16 thoughts on “7 Tempat di Istanbul yang Wajib Dikunjungi

  1. Indah bgtt mesjid sulemaniye….(wish)bisa travelling ke sana,hmm..,dr smua pics,melukiskan betapa indah istambul dgn historinya..wews

  2. Istambul merupakan salah satu kota yang indah untuk pariwisata. Dan dapat memberikan kesn tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung kesana. Trims atas infonya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. Visa sih perlu. Tapi ga usah urus di sini. Bisa langsung bayar di bandara di istanbul atau ankara. Untuk di bawah 30 hari, cukup bayar 25 dolar AS. Sampai 60 hari 30 dolar AS. Paling antre saja di loket pembuatan visa. Tapi gak panjang juga, karena loketnya ada banyak penjaga.

    1. Januari musim dingin. Selain cuaca di bawah nol drajat, angin kencang juga membuat kita bener-bener akan kedinginan, terutama di Istanbul dan beberapa kota pantai lainnya. Juga di Cyprus bagian Turki.

      Jaket tebal musim dingin dengan penutup kepala sudah pasti harus bawa. Pakaian daleman hangat Longjon juga wajib kita bawa, plus sarung tangan. Jika kurang bersahabat dengan gerimis, bisa juga bawa payung kecil. Kaos kaki, pelembab kulit, minum yang banyak, pun harus jadi perhatian kita.

      kalau khawatir bibir pecah-pecah, bisa juga bawa pelembab khusus bibir.

      wah asik tuh….. cukup punya waktu untuk menjelajah sampai Cyprus tentunya….

      Selamat menikmati perjalanan, sobat……..

  3. tgl 7 mei saya visit istanbul, bagi yg sudah pernah mohon infonya dong , apakah saya harus beli voucher tour or lebih baik jalan sendiri? bagaimana transport disana , terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s