Satu Jam di Rumah Mozart

Rumah Kelahiran Mozart (Foto-foto: Elba Damhuri)

Wolfang Amadeus Mozarts, salah satu komposer musik klasik ternama, menjadi salah satu ikon kuat buat para turis yang berkunjung ke Salzburg, Austria. Setiap tahun, jutaan turis sengaja mengunjungi kota kecil di lereng Alpen berbatasan dengan Jerman ini, dan rumah kelahiran Mozart, menjadi situs yang wajib dikunjungi.

Mozart lahir di sebuah rumah bekas toko mainan di jalan kecil, Getreidegasse nomor 9, Salzburg, pada 27 Januari 1756. Rumah bertingkat tiga yang didominasi warna kuning itu kini menjadi Museum Mozart, yang seisi jalannya pun sudah berubah menjadi deretan toko suvenir, hotel, restoran, dan museum lainnya.

Dari Stasiun Kereta Salzburg, butuh setengah jam berjalan kaki untuk sampai di Mozart Geburthaus (rumah kelahiran) ini. Dengan mengendarai bis, Anda hanya butuh lima menit sampai di shelter terdekat, dan tinggal jalan kaki menuju museum itu.

Catatan tentang Mozart yang ditempel di dinding lantai dasar

Saya harus antre bareng rombongan turis dari Cina dan Jepang ketika membeli tiket masuk Museum Mozart ini. Untuk satu orang dewasa, harga tiket masuk 7 euro. Buat anak-anak di bawah enam tahun gratis, namun bagi yang berumur 6-14 tahun cukup bayar 2,5 euro, sementara remaja hanya kena 3 euro. Bagi yang bawa keluarga (dua orang dewasa dan dua anak) cukup membayar 16,5 euro.

Usai mendapat tiket masuk, saya langsung menaiki tinggi batu selebar satu meter. Sayangnya, pengelola museum melarang keras setiap pengunjung untuk memfoto segala sesuatu yang di museum tersebut.

Padahal, saya bisa melihat kamar tidur Mozart ketika kecil, menghabiskan masa kanak-kanaknya di Salzburg. Kamar itu seukuran 4×4 meter dengan satu tempat tidur single. Ada meja dan kursi melengkapi kamar mungil itu.

Masih di lantai yang sama, dapur tempat biasa ibunda Mozart masak dan keluarga itu makan bersama masih tampak utuh. Ukuran dapur itu lebih luas beberapa meter dibandingkan kamar tidur Mozart.

Lukisan Mozart terpampang di dinding. Beberapa pesan-pesan dan kata-kata mutiara Mozart juga ditempel. Saya pun melongok ke kamar di mana ibunda Mozart melahirkan putra yang kemudian lahir sebagai legenda musik klasik dunia itu. Kamar yang kecil tentunya, mengingat lebar rumah Mozart itu hanya sekitar tujuh meter.

Di lantai lainnya, kita bisa saksikan foto-foto, biola, surat-surat, dan penggalan kisah hidup Mozart. Juga, toilet dan kamar mandi bisa Mozart membersihkan tubuhnya.

Dari penggalan kehidupan Mozart, yang hanya hidup sampai umur 26 tahun itu, ia digambarkan sebagai anak kecil yang tidak percaya diri, menjadi bahan ejekan temannya, dan seperti tidak punya masa depan.

Namun, pada usia lima tahun, Mozart sudah bisa menggubah komposisi. Sang ayah melihat bakat hebat Mozart, dan memfokuskan putranya itu pada permainan piano dan biola. Muncullah Mozart sebagai pemusik andal, dipajai di banyak negara Eropa, sampai akhirnya wafat di usia ke-26 tahun beberapa saat setelah konser di Praha, Ceska.

Ia meninggal karena demam hebat. Sampai sekarang, kematian Mozart masih menimbulkan tanda tanya.

Tak lupa, di Mozart Geburthaus itu kita bisa beli oleh-oleh di toko suvenir yang ada di sana. Harganya pun tidak jauh berbeda dengan barang-barang yang ditawarkan di toko-toko suvenir lainnya di jalan Getreidegasse.

Toko Suvenir dengan Maskot Mozart

Mengingat ini Museum Mozart, 90 persen suvenir yang diperdagangkan terkait dengan embel-embel pemilik Requim itu. Ada gantungan kunci, kartu pos, boneka, coklat, baju, celana, pulpen, pensil, CD, bendera, emblem, pin, dan lain sebagainya. Harga mulai 50 sen euro smapai ratusan euro.

Cukup setengah sampai satu jam di Mozart Geburthaus, karena kalau terlalu lama bisa bikin bosan. Setelah itu, saya mencari makan siang karena saat itu memang sudah waktunya jam makan siang.

2 thoughts on “Satu Jam di Rumah Mozart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s