Menatap Alpen dari Puncak Niesen

Menikmati keindahan deretan putih pegunungan Alpen dari ketinggian 2.262 meter dari permukaan laut (mdpl) Puncak Niesen sungguh menakjubkan. Sejauh mata memandang, untaian  salju di hadapan mata menggoda untuk dijelajahi.

Niesen berdiri kokoh di sisi Danau Thun yang kiri-kanannya dipenuhi beragam bangunan tempat tinggal dan wisata. Untuk mencapai ke lereng Niesen, sejumlah moda angkutan digunakan, mulai dari fery wisata, bis, hingga kereta api. Dari lereng Niesen, pengelola menyediakan trem otomatis yang membawa para pengunjung menuju Puncak Niesen.

Bertualang ke Niesen seperti menikmati empat perpaduan wisata sekaligus, yakni menjelajah danau yang dilalui dengan kapal fery, melihat-lihat keindahan suasana pedesaan kota-kota di sekitar perjalanan menuju Niesen, mengagumi kokohnya pegunungan Alpen, dan bersantai di Puncak Niesen sambil ditemani hembusan angin hangat.

Dari kapal fery yang membawa turis dan pengunjung menuju Interlaken, terlihat jelas tegaknya gunung Niesen yang di belakangnya pun terlihat puncak-puncak Alpen. Dari Danau Thun, jika cuaca cerah, semua deretan pegunungan bersalju abadi Alpen terlihat jelas seperti Puncak Jungfraujoch dan Eiger.

Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan bis karena merasa kelamaan dengan kapal fery. Menggunakan bis panjang dua gerbong warna hitam, sang sopir mengantar pengunjung ke Stasiun Kereta. Dari sana, pengunjung naik kereta menuju Stasiun Muelenen untuk kemudian langsung menuju Niesen.

Sesampai di stasiun Niesen, pengunjung bisa langsung membeli tiket seharga 50 swissfranc (sekitar Rp 280 ribu) atau 25 swissfranc bagi yang memiliki kartu transportasi bulanan Swiss. Hanya butuh watu setengah jam untuk sampai ke Stasiun Puncak Niesen dengan trem digerakkan secara otomatis itu. Sepanjang perjalanan pergi, trem terus menanjak, tak ada jalur datar sebagai bonus.

Dari stasiun tertinggi Niesen, butuh jalan kaki sekitar sepuluh menit untuk sampai di puncak gunung. Maka, pemandangan menakjubkan terlihat di depan mata.

Cara lain pergi ke Niesen bisa langsung mendatangi Bern. Dari sana, pengunjung langsung berangkat ke Interlaken dengan menggunakan kereta. Sesampai di Interlaken, perjalanan disambung juga dengan kereta menuju Muelenen. Di sanalah terletak Niesen.

6 thoughts on “Menatap Alpen dari Puncak Niesen

    1. Salam kenal Mas Bonang,
      iya memang pastinya mahal…. harus nabung secara ketat nih….. Saya juga pas kebetulan ada tugas liputan di Swiss meliput Piala Eropa 2008, jadi sekalian jalan-jalan di tengah waktu luang…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s